Loading...

Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Gadget Pada Anak

Administrator 12 Maret 2018 9708 kali dilihat
Bagikan:
Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Gadget Pada Anak
Orang tua adalah keluarga inti dan yang paling dekat dengan anak. Orang tua harus berperan aktif dalam upaya melindungi sang anak. Jaman dulu orang tua hanya melindungi sang anak dari hal-hal yang dikira menggangu mereka. Tapi mulai sekarang orang tua bertambah lagi tugas yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Pada era perkembangan teknologi masa kini orang tua suka direpotkan dengan hal tersebut salah satunya mengawasi anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi masa kini. Terdapat anak-anak yang menggunakan teknologi tersebut dengan hal-hal positif dan ada juga anak-anak yang menggunakannya untuk hal negative.

Disinilah peran orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi tersebut. Kita ambil contoh saja teknologi yang hamper digunakan semua orang, semua umur dan semua kalangan yaitu Android. Hampir semua masyarakat memiliki Android, berapapun itu umurnya. Disinilah orang tua harus pintar-pintar untuk mengawasi anak-anak mereka dalam penggunaan Android. Untuk membantu masalah tersebut kami memiliki beberapa tips yang bisa diterapkan yaitu :

Dampingi Sang Anak
Orang tua harus senantiasa mendampingi anak-anak mereka saat mereka menggunakan android.

Membatasi Waktu Bermain
Orang tua harus memberikan waktu kapan anak boleh bermain dan kapan anak harus berhenti bermain gadget.

Parental Control
Dalam hal ini orang tua berusaha membatasi akses sang anak untuk menggunakan gadget tersebut, seperti membatasi situs-situs yang boleh dibuka dll. Aplikasi ini  terdapat di internet dan dapat di download secara gratis.

Orang tua memiliki peranan penting dalam memajukan dan menjaga generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu orang tua harus lebih aktif dalam mengupayakan pengawasan terhadap sang anak.