Loading...

MTQ Bukanlah Sekedar Lomba

Administrator 04 Desember 2013 46720 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Musabaqoh Tilawatil Qur’an bukanlah sekedar lomba untuk mencari qori-qoriah dan hafid hafidzah terbaik, akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al qur’an supaya dijadikan sebagai pedoman hidup.

 

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Cimahi, Hj. Atty Suharti, pada acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kota Cimahi 2013, di Mesjid Agung Kota Cimahi, Selasa (4/12).

 

Menurut Atty, Salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada allah swt adalah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam merupakan agenda rutin lembaga pengembangan tilawatil qur’an (lptq) agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran al qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini dan mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat Kota Cimahi yang agamis.

 

Lebih lanjut, Atty mengatakan, bahwa diselenggarakannya MTQ diharapkan dapat menjadi pintu gerbang bagi umat islam untuk terus menggali, memahami, dan mengaplikasikan isi kandungan al qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terlahir pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektualitas yang tinggi tetapi rendah hati

 

”Tujuan lain dari mtq adalah sebagai wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap al qur’an, sehinga kedepan semua umat islam, khususnya di kota cimahi tidak ada lagi yang buta huruf al qur’an, bahkan bisa memahami isi kandungan al qur’an secara mendalam, sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial,” demikian kata Atty.

 

Dalam MTQ Tingkat Kota Cimahi tahun 2013, cabang yang dilombakan, yaitu cabang Tilawah Dewasa dan Qiroat Sabah, Tilawah Remaja dan Canet, Tilawah anak-anak dan murotal, Tahfidz 1 juz, tahfidz 5 juz, tahfidz 10 juz, tahfidz 10 -20juz, fahmil qur’an, syarhil qur’an, kaligrafi dan M2IQ. (HD/Humas Pemkot Cimahi)