Loading...

Kapasitas Produksi Air Bersih Milik BLUD Air Minum Kota Cimahi Bertambah

Martihiasari Silviany Iskandar 17 Mei 2024 1855 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
CIMAHI - Kapasitas produksi air baku yang dikelola Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Air Minum pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi mengalami penambahan dari 50 liter per detik menjadi 80 liter per detik.

"Sekarang kapasitasnya kita sudah naikan dari 50 menjadi 80 liter per detik untuk di SPAM (sistem pengolahan air minum)," kata Kepala DPKP Kota Cimahi, Endang, Kamis (16/5/2024).

Sejauh ini, air baku yang diolah di SPAM milik BLUD Kota Cimahi dipasok dari aliran Sungai Cimahi. Endang memastikan meskipun ada penambahan kapasitas, namun air baku dari Sungai Cimahi masih mencukupi. Sebab, sumber air baku tersebut diperkirakan bisa diproduksi hingga 120 liter per detik.

Aman untuk pasokan air baku karena sisa debit masih cukup besar. Debit total sekitar 120 liter per detik, yang diambil untuk air baku sekarang 80 liter detik," terang Endang.

Dia mengatakan sebab kapasitas produksi air bersih mengalami penambahan, maka jumlah sambungan rumah (SR) bagi warga Kota Cimahi pun mengalami penmabahan. Kini, tercatat sudah ada 5.700 SR yang tersambung dari SPAM tersebut.

Jumlah pelanggan dari SPAM yang bisa tersambung itu bisa saja dilakukan pemanbahan lagi karena kapasitas air bakunya diperkirakan cukup untuk mensuplay hingga 7.000 SR. Artinya, masih tersisa sekitar 1.200 SR lagi.

"Sekarang nambah 1.300 pelanggan, jadi totalnya sudah 5.700 SR sekarang. Masih bisa bertambah karena sisanya masih cukup untuk 1.200 SR lagi," kata Endang.***