Loading...

Pemkot Cimahi-Kodim 0609Cimahi Kerjasama Tingkatkan Cakupan KB Lewat Intensifikasi-Integrasi Layanan KBKR Wilayah Khusus Kota Cimahi

Rano Hardiana 13 Juni 2024 1741 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi-Kodim 0609Cimahi Kerjasama Tingkatkan Cakupan KB Lewat Intensifikasi-Integrasi Layanan KBKR Wilayah Khusus Kota Cimahi
CIMAHI.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi menggelar Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Wilayah Khusus Kota Cimahi di Aula Komando Distrik Militer 0609 Kota Cimahi. Layanan tersebut gratis bagi warga Kota Cimahi yang dibuktikan dengan KTP dan KK Kota Cimahi. 

Target dalam kegiatan ini adalah 145 orang akseptor pasangan usia subur (produktif). Adapun pelayanan yang disediakan adalah KB non hormonal atau Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Intra Uterine Device (IUD) dan Implan. 

Kepala DP3AP2KB Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan,  Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR Wilayah Khusus merupakan salah satu upaya meningkatkan cakupan kesertaan KB di Kota Cimahi. "Hal ini jadi bagian integrasi upaya percepatan penurunan stunting. Diharapkan giat bersama mitra kerja ini dapat mendorong kesertaan KB MKJP di Kota Cimahi," ujarnya.

Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR merupakan bagian dari "Program Bangga Kencana" bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas dan Pertumbuhan Penduduk yang Seimbang (PTS). Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan prioritas, antara lain kegiatan-kegiatan dalam upaya mengendalikan angka kelahiran, meningkatkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi modern (MCPR), menurunkan tingkat kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmeet need), serta upaya perwujudan penduduk tumbuh seimbang dan menghasilkan bonus demografi.

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyampaikan, kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak. " "Dalam rangka menyiapkan generasi Indonesia Emas 2045 sekaligus merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-23. Pelayanan KB kepada usia subur bukan hanya sekedar pelayanan kesehatan yang bersangkutan, tujuan yang lebih besar yaitu menyiapkan generasi emas 20 tahun mendatang di 2045 di Kota Cimahi," katanya.

Dicky menjelaskan, sasaran kegiatan ini adalah pasangan usia subur untuk merencanakan keluarganya terutama dalam memperoleh keturunan. Petugas pelayanan KB akan memberikan edukasi bagi peserta terkait hal-hal yang harus disiapkan untuk mempunyai keturunan. 

"Bagi mereka yang sudah punya keturunan juga diedukasi terutama tentang pemberian asupan makanan bergizi seperti protein dan sebagainya itu agar anak-anak mereka tumbuh berkembang dengan sehat, aktif dan menjadi generasi emas 2045," tuturnya.

Edukasi untuk mencegah stunting pun dilakukan oleh petugas pelayanan KB. Tujuannya agar orang tua dan calon orang tua mengetahui mengenai momen emas anak yang tidak boleh terlewatkan untuk mencapai pertumbuhan yang optimal dan bebas stunting. "Momen 1000 hari kelahiran menjadi peluang agar anak keturunan kita benar-benar sehat dan bebas stunting," ucapnya.

Dicky mengingatkan pentingnya mempersiapkan generasi penerus bangsa sedari dini untuk menyambut bonus demografi yang akan didapatkan Indonesia di tahun 2045 kelak. "Perlunya investasi dalam pembangunan manusia dan infrastruktur. Dengan demikian, manfaat ekonomi dan sosial dari periode ini dapat dirasakan dalam jangka panjang, bahkan setelah periode bonus demografi berakhir," imbuhnya.

Melalui kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR ini, Dicky juga menyampaikan kepada para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan IBI untuk turut serta menyebarluaskan informasi bahwa pentingnya ber-KB sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

"Dorong pasangan usia subur di wilayah binaan Bapak/Ibu untuk mau ber-Kb dan sampaikan adanya program gratis ber-KB. Bagaimana caranya? Bapak/Ibu dapat menghubungi kader setempat. Apabila tidak tahu dimana keberadaan kader dapat langsung menghubungi DP3AP2KB untuk informasi lebih lanjut karena kami memiliki Penyuluh KB dan Teladan KB yang tersebar di seluruh kelurahan Kota Cimahi guna penyebarluasan informasi," pungkasnya.**