Loading...

Pantauan Komoditas Pangan Jelang Idul Adha 2024, Harga Relatif Stabil Stok Terkendali

Rano Hardiana 13 Juni 2024 1868 kali dilihat
Bagikan:
Pantauan Komoditas Pangan Jelang Idul Adha 2024, Harga Relatif Stabil Stok Terkendali
CIMAHI.- Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi beserta jajaran melakukan peninjauan harga komoditas pangan di Pasar Cimindi Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk monitoring kondisi harga berbagai kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 2024/1445 Hijriyah. 

Dari hasil pantauan secara umum harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha 1445 H relatif stabil. Kenaikan hanya terjadi di beberapa komoditas diantaranya cabe merah keriting, bawang daun dan kentang dieng. "Saya melakukan kegiatan bersama dengan Disdagkoperin dan ketua paguyuban pasar  untuk mengecek secara langsung kondisi harga menjelang Idul Adha," ujarnya.

Pantauan harga kebutuhan pokok yang dilakukannya bertujuan untuk memastikan stabilitas harga dan stok berbagai kebutuhan pokok di pasar tradisional jelang hari raya Idul Adha 1445 H dalam keadaan stabil dan aman bagi warga Kota Cimahi.

"Untuk harga daging sapi stabil, demikian juga beras. Jadi semua masih terkendali dan normal. Hanya harga cabe yang masih belum stabil, saya pikir ini tidak hanya terjadi di Cimahi tetapi juga di kota-kota lainnya," ucapnya.
Untuk mengendalikan harga, Dicky menyatakan bakal mengambil langkah yang secara instan yaitu dengan memperbanyak bazaar-bazaar di setiap wilayah dan juga pasar murah atau gerakan pasar murah. "Bazaar dan gerakan pangan murah terutama untuk beberapa komoditi yang harganya masih tinggi," imbuhnya.

Pihaknya juga akan berupaya berkoordinasi dengan kabupaten/kota sekitar Kota Cimahi sebagai penghasil pangan agar bisa bekerjasama memasok komoditi tersebut langsung diantar ke pasar Kota Cimahi. "Dengan hasil dari kerjasama daerah ini mudah-mudahan suplai yang ada bisa memenuhi  kebutuhan yang banyak sehingga harganya bisa dapat ditekan," tandasnya.**