CIMAHI.- Pemerintah Kota
Cimahi melakukan kegiatan Pembinaan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat (KMHA) Tahun
2025, dengan fokus pada peningkatan kemampuan masyarakat Kampung Adat Cireundeu
dalam merancang dan mengelola kemasan produk lokal pada Kamis (19/06).
Wakil Wali Kota
Cimahi, Adhitia Yudisthira, menekankan pentingnya pelestarian budaya dan
penguatan daya saing produk melalui desain kemasan yang mencerminkan identitas
adat dan menarik minat pasar.
Adhitia yang
hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan bahwa hal ini merupakan aset
pemerintah dan warga Kota Cimahi yang harus di rebranding agar makanan khas
Kampung Adat Cireundeu dapat menjangkau masyarakat luar.
"Kalau
tidak mampu berinovasi dalam hal kemasan, kita akan tergerus dan kalah oleh
yang lain. Sudah banyak UMKM di Cimahi yang tembus pasar ekspor, selain karena
strategi pemasaran yang baik juga kemasan dari produk akan sangat berpengaruh
" ujar Adhitia.
Lebih lanjut
kegiatan ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam mendukung kemandirian
ekonomi masyarakat adat sekaligus menjaga warisan budaya lokal.**