Pencarian :

Berita • Detail Berita

Audit Internal Demi Pengelolaan Arsip Lebih Baik

2019-02-21 08:12:21

CIMAHI.- Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi harus terus melakukan audit arsip secara internal. Hal itu dilakukan dengan penerapan pengelolaan arsip sesuai aturan.
Demikian yang terungkap dalam Rapat Koordinasi Kearsipan Kota Cimahi tahun 2019 di Hotel Endah Parahyangan Jalan Kota Cimahi, Selasa 19 Februari 2019.
Kepala Dinas Kominfo Arpus Kota Cimahi Harjono mengatakan, akuntabilitas pengelolaan arsip daerah di Kota Cimahi masih harus ditingkatkan. 
"Dari hasil audit internal yang dilakukan pada tahun 2017 dan 2018 nilai laporan akuntabilitas kearsipan derah Kota Cimahi nilainya perlu ditingkatkan," ujarnya.
Rakor kearsipan pada Triwulan 1 tahun 2019 menindaklanjuti hasil laporan akuntabilitas kearsipan eksternal Pusat Arsip Nasional dan audit terhadap pengelolaan kearsipan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Jawa Barat tahun 2017 dan 2018.
"Jadi bukan hanya lembaga pengelola arsip daerah kalau di Cimahi Diskominfo Arpus, tapi juga ke OPD dilakukan audit kearsipan eksternal," ucapnya. 
Diakui, Pemkot Cimahi belum menyusun Pedoman Pengelolaan Arsip. Regulasi yang lain terkait dengan peraturan mengenai tata naskah, pengelolaan kearsipan, dan keamanan resistensi arsip itu sudah tersedia.
"Dalam dua bulan ini ditargetkan ada dua regulasi tentang klasifikasi keamanan arsip dan regulasi pedoman pengelolaan arsip aktif dan arsip statis," tuturnya.
Rakor kearsipan tersebut diikuti peserta dari perwakilan semua OPD, yang terdiri dari Kasubbag Umum Kepegawaian, sekretaris dinas, badan dan lembaga, termasuk Lurah.
"Intinya meningkatkan tertib arsip melalui sinergisitas lembaga kearsipan daerah dengan perangkat daerah selaku pencipta arsip di lingkungan Pemkot Cimahi," tandasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News