Pencarian :

Berita • Detail Berita

Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan Sebagai Mitra Pembangunan

2019-03-13 15:11:54

CIMAHI.-Kegiatan Sekolah Jumat menjadi upaya Pemerintah Kota Cimahi meningkatkan pemberdayaan perempuan. Sebagai bagian dalam masyarakat, perempuan menjadi unsur penting dalam proses pembangunan.
Walikota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, berdasarkan data kependudukan kota cimahi jumlah angkatan kerja usia produktif kaum perempuan adalah sebesar 190.816 orang. Dengan melihat betapa besarnya jumlah angkatan kerja produktif kaum perempuan tersebut maka besar sumbangsih produktifitas secara ekonomi kaum perempuan bilamana kemampuan dan kapasitas mereka dapat dikembangkan. 
"Jika kaum perempuan diberdayakan maka pembangunan nasional dimasa depan akan turut sukses," ujarnya.
Konsep pembangunan adalah kemampuan peranan perempuan yang dipergunakan berkembang menjadi pemberdayaan perempuan yang berarti meningkatkan kualitas dan peran perempuan pada semua aspek kehidupan. 
Kelompok perempuan yang terhitung sebagai pelaku UKM pada kenyataannya mempunyai potensi bagi perekonomian keluarga. 
Fasilitas Sekolah Jumat disediakan dengan memberikan keterampilan dalam bidang memasak atau kuliner untuk memperkaya keanekaragaman jenis makanan melalui edukasi memasak bahan olahan makanan. 
"Sehingga manakala para kaum perempuan hendak melakukan usaha domestik atau industri rumahan bidang kuliner dalam meningkatkan perekonomian rumah tangganya kelak," jelasnya.
Disinilah pemerintah berperan untuk mendorong kaum perempuan agar dapat memberikan kontribusi ekonomi dalam pembangunan. 
"Ketahanan ekonomi rumah tangga adalah penunjang dalam membangun ketahanan ekonomi masyarakat secara keseluruhan, sehingga memerlukan penguatan yang efektif," tandasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News