Pencarian :

Berita • Detail Berita

KB Berperan Dalam Pengendalian Penduduk Demi Kesinambungan Pembangunan

2019-03-14 09:16:28

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi terus mengajak masyarakat mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) nasional. Pendekatan pengendalian penduduk tersebut dilakukan demi kelangsungan pembangunan.
Demikian diungkapkan Walikota Cimahi Ajay M. Priatna disela-sela kegiatan bhakti sosial Pelayanan KB Mantap MOP/MOW gratis di Rumah Sakit Mitra Kasih Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi, Rabu (13/3/2019).
"Program KB secara nasional sangat penting dalam pengendalian penduduk untuk kesinambungan pembangunan," ujarnya.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 59 orang, terdiri dari 52 orang yang ikut MOW, dan 7 orang mengikuti MOP.
Ajay mengingatkan tidak ada istilah terlambat ikut ber-KB. 
"Kota Cimahi saat ini memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi, sedangkan lahan yang ada sangat terbatas. Sehingga perlu adanya upaya penekanan angka kelahiran dua anak cukup," ujarnya.
Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan KB DinsosP2KB3A, Rossi Desrita menjelaskan, kegiatan ini rutin dilakukan setahun tiga kali. Maksud dan tujuan pelayanan KB MOP dan MOW ini adalah untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, dan mengendalikan jumlah penduduk di Kota Cimahi
Menurutnya, pelaksanaan MOW dan MOP ini dilakukan secara cuma-cuma dengan menyasar pasangan usia subur. "Untuk kegiatan ini kami gratiskan. Kami juga memberikan jaminan hidup untuk 3 hari, sebagai pengganti selama mereka tidak bekerja pasca operasi ini. Karena setelah operasi butuh pemulihan beberapa hari," bebernya.
Dijelaskan Rosi, para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum mendapatkan pelayanan KB MOP dan MOW ini.
"Secara umum setiap calon peserta harus secara sukarela tanpa paksaan menerima pelayanan ini, memiliki minimal 2 anak dan tidak mempunyai anak di bawah lima tahun (balita), dan  harus sehat,"  katanya 
Kontrasepsi mantap (kontap) MOP dan MOW ini memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Secara umum keuntungannya adalah lebih aman karena keluhan lebih sedikit dibanding alat kontrasepsi lainnya, lebih praktis karena hanya memerlukan satu kali tindakan saja, lebih efektif karena tingkat kegagalannya sangat kecil, serta lebih ekonomis karena memerlukan biaya untuk satu kali tindakan saja.
Tidak ada efek samping jangka panjang setelah dioperasi, dan juga tidak akan mengganggu hubungan suami istri.
Kebanyakan masyarakat belum memahami KB. "Bukan hanya seputar pembatasan jumlah anak saja. Tapi,  bagaimana program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," katanya.

Kegiatan Cimahi

Headline News