Pencarian :

Berita • Detail Berita

Sebar Motor Sampah Untuk Tingkatkan Layanan

2019-04-10 09:43:31

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi kembali menyebar unit motor sampah dan gerobak sampah untuk pengelolaan sampah tingkat RW. Dengan itu, diharapkan pelayanan sampah Kota Cimahi terus meningkat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Mochamad Ronny, mengatakan,  sebanyak 58 motor dan 50 gerobak sampah diserahkan ke masyarakat. Dikatakannya, pengadaan sarana pengangkut sampah di lingkungan warga ini berdasarkan pengajuan dari setiap RW se-Kota Cimahi. 

"Ini pengajuan dari RW tahun sebelumnya, untuk memenuhi sarana sampah," katanya.
Motor dan truk sampah itu diserahkan kepada penerima manfaat atau pihak RW di Lapangan Apel Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah. "Setelah dihibahkan, maka sarana itu menjadi tanggung jawab pihak RW. Pemeliharaannya juga oleh penerima manfaat," ucapnya.
Ia berharap, dengan adanya pengadaan tersebut pengelolaan sampah di di tingkat RW bakal meningkat. Tujuan utamanya, sampah yang diangkut ke TPAS Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat semakin berkurang.
Walikota Cimahi Ajay M. Priatna berharap, masyarakat dapat berperan aktif dalam mengelola sampah mulai dari rumah tangga dan lingkungannya.
“Hal itu sangat penting untuk mewujudkan Lingkungan Hidup
Kota Cimahi yang bersih dan sehat serta bebas dari sampah,” ungkapnya.
Menurut walikota, bantuan motor dan gerobak sampah tersebut dimaksudkan untuk membantu pengangkutan sampah dalam skala RW guna meningkatkan kualitas pelayanan sampah kepada masyarakat.
“Bantuan ini untuk melaksanakan salah satu kewajiban pemerintah memfasilitasi prasana yang dibutuhkan oleh masyarakat Sehingga tidak ada lagi alasan hambatan prasana seperti yang yang dikeluhkan selama ini,” imbuhnya.
Bantuan dibagikan secara bertahap agar semua wilayah mendapat bantuan yang sama. “Harus dirawat dan dipelihara dengan baik agar bisa berumur panjang. Terutama, membantu mengelola sampah sehingga sampah terus berkurang," tuturnya.


Kegiatan Cimahi

Headline News