Pencarian :

Berita • Detail Berita

Kelurahan Karangmekar Wakili Jabar Untuk Lomba PKK Nasional Kategori IVA Test

2019-05-20 08:09:49

CIMAHI.- Kelurahan Karangmekar Kota Cimahi menjadi wakil Provinsi Jawa Barat dalam Lomba Kegiatan PKK tingkat Nasional Kategori IVA TEST. Hal itu dilihat dari banyaknya partisipasi masyarakat dalam menjalani IVA Test karena pemahaman mereka meningkat terkait kesehatan alat reproduksi perempuan.
Wilayah yang menjadi pantauan yaitu RW 4 Kel. Karangmekar. Tim dari pusat langsung melakukan pantauan lapangan termasuk meninjau layanan di Puskesmas Cimahi Tengah. Turut hadir dalam acara itu Ketua PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil dan Ketua PKK Kota Cimahi Luciani Priatna.
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna menyatakan pihaknya bangga wilayah Karangmekar dapat mewakili Provinsi Jabar dalam lomba tersebut. "Alhamdulilah Karangmekar menjadi salah satu kontestan untuk diveriifkasi dalam kegiatan IVA Tes tingkat nasional mewakili Jawa barat," ujarnya.
Dia menilai, kanker serviks menjadi momok menakutkan bagi perempuan termasuk di Kota Cimahi. Melalui kader PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan berbagai unsur terkait lainnya bakal terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. 
"Kami mendorong masyarakat untuk mengikuti IVA Test. Sebab, di setiap kelurahan melalui PKK membuka pelayanan IVA Test. Senin dan Kamis dibuka untuk konseling dan diskusi. PKK juga terus jemput bola," katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi drg. Pratiwi mengatakan warga perempuan di Kota Cimahi dihimbau tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Tes IVA). Dengan tes tersebut, dapat diketahui secara dini potensi kanker serviks yang membahayakan dan bisa menyebabkan kematian.
Pentingnya masyarakat khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) melakukan IVA Tes. "Kenapa perlu IVA Test? IVA Test ini untuk mendeteksi dini kanker rahim yang kebanyakan diderita kaum wanita," ucapnya. 
Sedini mungkin jika ada tanda-tanda positif cepat di antisipasi untuk ditangani di Puskemas. "Jadi tidak menjadi ganas dan lambat ditangani," pungkasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News