Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dishub Kota Cimahi Bakal Intensifkan Pemeriksaan Kelaikan Angkutan Jelang Lebaran 2019

2019-05-20 08:16:03

CIMAHI.- Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal menggelar pemeriksaan kelaikan (ramp check) kendaraan angkutan umum menghadapi Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1440 Hijriyah. Hal itu dilakukan untuk memastikan kendaraan laik jalan sehingga keselamatan masyarakat terjamin.
Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pemeriksaan ramp check akan dilakukan terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang kerap digunakan untuk mengangkut penumpang di wilayah Kota Cimahi. Terutama, kendaraan yang dipakai untuk mengangkut penumpang mudik lebaran.
"Tujuan utamanya untuk keselamatan berlalu lintas, khususnya jelang mudik lebaran," ucapnya.
Selain pemeriksaan kelaikan kendaraan, kelengkapan surat berkendara juga bakal diperiksa. Terutama Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan buku Uji KIR. 
"Dalam pemeriksaan akan bekerja sama dengan kepolisian, jika ada pelanggaran bisa dikenakan sanksi sesuai aturan," ucapnya.
Dishub Kota Cimahi meminta pengelola bus angkutan umum tidak mengabaikan kelaikan kendaraan. Diantaranya, rutin secara berkala melakukan uji KIR per 6 bulan. "Tujuannya, semata-mata untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan dari kelalaian," ucapnya.
Terhadap bus yang tak lain jalan, lanjut Ranto, pihaknya berwenang untuk melakukan pengawasan, diantaranya lewat ramp check.
"Hasil ramp check kita sampaikan kepada manajemen po (bus) dan ditembuskan ke Dinas Perhubungan dan Kemennhub untuk evaluasi," tuturnya.


Kegiatan Cimahi

Headline News