Pencarian :

Berita • Detail Berita

Cimahi Kirim 3 Tenaga Medis untuk Kawal Jemaah Haji ke Tanah Suci

2019-07-03 09:00:47

CIMAHI - Tiga tenaga medis asal Kota Cimahi akan ditugaskan mendampingi para Calon Jemaah Haji (CJH) tahun ini. Para tenaga medis yang terpilih itu Mereka dari satu dokter dan dua perawat.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, sebelumnya didaftarkan ke Departemen Kesehatan secara online dan yang terpilih itu akan menjadi bagian dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk mendampingi para calon jemaah haji sejak keberangkatan hingga kepulangan.

"Itu kan kita daftar online. Kalau yang berminat, ada syarat-syarat kemudian dimasukan, yang memilih Departemen Kesehatan. Cimahi sudah ada tim-nya," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (2/7/2019).

Sebetulnya, kata Rini sapaan Chanifah Listyarini, tugas tenaga medis yang tergabung dalam TKHI itu ada dua regu. Ada yang memang bertugas selama musim haji, atau sekitar tuga bulan, ada juga yang hanya mengawal per kloter.

"Jadi ada yang non kloter, dia berangkat sebelum dan pulang setelah habis jemaah haji kurang lebih tiga bulan di sana. Ada juga TKHI yang mengawal kloter. Kita ikut TKHI kloter," jelas Rini.

Rini melanjutkan, para tenaga medis yang dipilih dari Kota Cimahi akan mendapatkan pembekalan langsung dari Departemen Kesehatan. Termasuk logistik, seperti obat-obatan pun sudah disiapkan pemerintah pusat.

"Cimahi tinggal berangkat aja, kalau suporting obat sudah disediakan. Dan yang memberikan honor pun atau mungkin ada uang saku dari mereka (pemerintah pusat)," bebernya.

Selain pengawalan langsung ke mekkah, kata Rini, pihaknya juga akan mengawal keberangkatan para CJH dari Kota Cimahi ke Embarkasi Haji, Kota Bekasi.

"Dari sini sampe embarkasi kita kawal, begitu masuk emarkask kita lepas diserahkan ke tim sana. Penjemputan juga kami jemput," tandasnya.

Tercatat ada 561 CJH asal Cimahi yang akan berangkat ke tanah suci nanti. Mereka akan berangkat 15 Juli gelombang pertama kloter 33 sebanyak 410 jemaah dan pada gelombang 2 kloter 90 tanggal 2 Agustus sebanyak 151 jemaah.

Khusus CJH gelombang dua, kata Munawir, keberangkatannya akan bersamaan dengan calon haji dari wilayah lain seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Secara keseluruhan semua CJH asal Kota Cimahi sudah siap diberangkatkan ke tanah suci. Persiapan pun sudah dilakukan Kemenag Kota Cimahi, seperti manasik haji dan pemeriksaan kesehatan yang dikerjasamakan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi.

"Pemeriksaan kesehatan sudah, kerja sama dengan Dinkes. Mereka sudah melalui tes kesehatan baik vaksin dan lainnya," kata Kepala Kemenag Kota Cimahi, Munawir Sulaeman. 

Begitupun dengan persiapan administrasi keberangkatan, seperti pasport dan visa para calon jemaah haji. "Mereka siap diterbangkan tahun ini," ucapnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News