Pencarian :

Berita • Detail Berita

Jangan Bakar Sampah Sembarangan, Bahaya!

2019-08-09 10:41:48

CIMAHI - Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Kota Cimahi mengingatkan masyarakat agar tak melakukan pembakaran sampah secara berlebihan.

Komandan Regu (Danru) I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, pembakaran sampah menjadi salah satu pemicu kebakaran. Apalagi dimusim kemarau panjang seperti sekarang. Dimana hembusan angin bisa memudahkan api membesar.

"Musim kemarau lebih riskan (kebakaran).  Bukan hanya lahan kosong, tapi juga pemukiman," kata Indra saat ditemui di Kantor Damkar Kota Cimahi, Jalan Raya Baros, Kamis (8/7/2019).

Sepanjang tahun ini, tercatat sudah ada sekitar 32 lebih peristiwa kebakaran yang ditangani Damkar Kota Cimahi. Beberapa di antaranya kebakaran lahan kosong (alang-alang) yang disebabkan dari pembakaran sampah.

"Selama Agustus aja udah ada 4 kejadian kebakaran karena pembakaran sampah. 3 (tiga) di antaranya itu lahan kosong," terangnya.

Selain faktor alam, kata Indrahadi, faktor kelalaian dari masyarakat juga menjadi salah satu penyebab mudahnya api dari pembakaran sampah kerap tak terkendali. Khsusunya di lahan kosong.

"Umumnya mereka membakar sampah lalu ditinggalkan. Nah itu ceroboh, lengah. Dia tidak tahu ketika musim kemarau ini cuaca memang panas dan angin cenderung kencang," jelasnya.

Dimusim kemarau ini, lanjut Indrahadi, titik panas (hotspot) di Kota Cimahi memang terpantau masih normal. Belum mengalami peningkatan seperti tahun sebelumnya. Meski begitu, pihaknya tetap siaga mengingat kemarau tahun ini diprediksi berlangsung lama. Personel Damkar pun disiagakan selama 24 jam.

Kegiatan Cimahi

Headline News