Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemeriksaan Hewan Kurban, Pastikan Sehat dan Memenuhi Syarat

2019-08-09 10:46:44

CIMAHI.- Pemkot Cimahi mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk kebutuhan Idul Adha 2019, Kamis 1 Agustus 2019. Masyarakat dihimbau membeli hewan kurban yang sudah mendapat kalung sehat sebagai jaminan sudah melalui pemeriksaan layak kurban dan memenuhi syariat.
Pemeriksaan dan pengalungan untuk hewan kurban secara simbolis berlangsung di tempat penjualan sapi kurban di Jalan Budi Raya RT 02/04 Kel. Pasir Kaliki Kec. Cimahi Utara. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan dinyatakan sehat serta memenuhi syariat, hewan kurban dipasang kalung bertuliskan 'Sehat dan Memenuhi Syarat'.
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Supendi Heryadi mengatakan, pemeriksaan hewan kurban sangat penting dilaksanakan untuk memastikan kesehatan terhadap hewan yang akan dikurbankan saat Idul Adha 1440 Hijriyah.
"Hewan yang akan dipakai ibadah  kurban harus memenuhi syarat kesehatan maupun agama. Sehingga, masyarakat dihimbau membeli hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatannya," ujarnya.
Pemeriksaan hewan kurban meliputi sapi, domba dan kambing. Petugas sebanyak 27 orang akan disebar ke lapangan mulai 2-9 Agustus 2019. Pada tanggal 10 Agustus 2019 akan dilakukan pemeriksaan antemortem (sebelum disembelih) dan pemeriksaan postmortem (setelah disembelih) akan dilaksanakan 11-13 Agustus 2019. 
Dispangtan Kota Cimahi menargetkan, hewan qurban yang diperiksa kesehatannya minimal 3.000 ekor. "Tahun lalu sekitar 3.537 ekor hewan kurban, kenaikan di tahun ini berkisar 5%. Kami himbau masyarakat membeli hewan kurban yang sudah memakai kalung sehat sebagai jaminan sehat dan sesuai syarat," ungkapnya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News