Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pengelolaan Zakat-Infak-Sedekah Baznas Kota Cimahi Bantu Biaya Pendidikan Mahasiswa Kurang Mampu

2019-08-09 11:23:28

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Cimahi menyalurkan bantuan beasiswa kepada 8 mahasiswa kurang mampu di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Bantuan didapat dari pengelolaan dana zakat, Infaq dan sedekah (ZIS). 
"Bantuan beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa warga Kota Cimahi dari berbagai perguruan tinggi untuk membayar biaya SPP semester ini," ujar Walikota Cimahi Ajay M. Priatna. 
Menurut Walikota, potensi ZIS dari ASN cukup besar namun perlu ditingkatkan. Hal itu dapat berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat Kota Cimahi.
"Oleh karenanya kami mengeluarkan peraturan walikota sehingga kenaikannya bisa cukup signifikan,” ujarnya.
Pihaknya terus mendorong ASN Pemkot Cimahi bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas Cimahi. "Penyalurannya bisa sangat membantu pemberdayaan masyarakat hingga turut memberantas kemiskinan,” jelasnya.
Ketua Baznas Kota Cimahi KH Ase Hilman Mubaroq menjelaskan,  penyaluran dana beasiswa kepada mahasiswa tersebut sudah memenuhi kaidah syariah. “Mereka yang mengajukan proposal sudah melalui uji kelayakan dan petugas melakukan pengecekan langsung ke rumah untuk memastikan mereka layak dibantu Baznas. Mereka termasuk golongan masyarakat yang perlu dibantu, menurut saya tepat karena dapat mendukung pendidikan mereka," ujarnya.
Aula Irhamna Muliadi Razak (20) mahasiswa FMIPA jurusan Statistika Unpad mengaku bersyukur mendapat bantuan tersebut karena bisa meringankan beban orangtua. “Uang ini akan dipakai bayar biaya kuliah semester 7. Saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas karena sudah membantu saya dan teman-teman hingga biaya pendidikan bisa terpenuhi,” ujarnya.
Bantuan tersebut bisa menjadi motivasi untuknya agar segera menyelesaikan kuliah. Dengan demikian bisa bekerja dan mengabdi kepada masyarakat. "Mudah-mudahan bisa menamatkan studi ini dan bisa berbagi kepada masyarakat," tuturnya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News