Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pelayanan KB Mantap Upaya Pengendalian Penduduk

2019-08-09 11:27:14

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Sosial Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KB3A) menggelar kegiatan bakti sosial Pelayanan KB Mantap Metode Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi dan Metode Operasi Wanita (MOW) atau Tubektomi gratis bagi masyarakat non Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di Rumah Sakit Mitra Kasih Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi.
Kegiatan diikuti oleh 49 orang, terdiri dari 39 orang yang ikut MOW, dan 10 orang mengikuti MOP.
Dalam sambutannya, walikota mengingatkan bahwa program keluarga berencana nasional sangat penting dalam pengendalian penduduk, untuk kesinambungan pembangunan.
"Kota Cimahi saat ini memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi, sedangkan lahan yang ada sangat terbatas. Sehingga perlu adanya upaya penekanan angka kelahiran dua anak cukup," ujarnya.
Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan KB DinsosP2KB3A, Rossi Desrita menjelaskan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setahun tiga kali. Maksud dan tujuan pelayanan KB MOP dan MOW yaitu untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, dan mengendalikan jumlah penduduk di Kota Cimahi.
Menurutnya, pelaksanaan MOW dan MOP ini dilakukan secara cuma-cuma dengan menyasar pasangan usia subur. 
"Tarif umum untuk operasi bisa sampai Rp 5 juta. Untuk kegiatan ini kami gratiskan," imbuhnya.
Pihaknya juga memberi dana bantuan kepada peserta operasi."Kami memberikan jaminan hidup untuk 3 hari, sebagai pengganti pendapatan selama mereka tidak bekerja pasca operasi ini. Karena setelah operasi butuh pemulihan beberapa hari," tuturnya.*

Kegiatan Cimahi

Headline News