Pencarian :

Berita • Detail Berita

Jelang Idul Adha 1440 Hijriyah, Kebutuhan Pokok Masyarakat Tersedia Di Pasaran

2019-08-09 11:29:26

CIMAHI.- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, jajaran Pemkot Cimahi menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional. Sejumlah komoditas sayuran mengalami kenaikan harga, hal itu dipicu kemarau panjang menyebabkan kekeringan.
Pantauan harga diantaranya dilakukan di Pasar Antri Baru Jalan Sriwijaya dan Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. Kenaikan harga terutama pada berbagai jenis cabe dan sayuran. 
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengakui adanya kenaikan harga pada komoditas cabe dan sayuran. "Harga yang naik seperti cabe merah, cabe rawit, kentang. Ada juga yang turun seperti tomat," ujarnya.
Menurut walikota, penjualan di pasar relatif stabil jelang Idul Adha. "Intinya suplai bahan dasar kebutuhan masyarakat di pasaran ada dan tersedia, sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkannya," jelasnya.
Walikota mengatakan, penetapan harga di pasaran tergantung suplai dan permintaan. "Kemarau panjang dan merata ini sepertinya salah satu penyebab harga pada naik," katanya.
Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi Adet Chandra Purnama menambahkan, kenaikan harga dinilai masih wajar dengan ketersediaan stok pangan di pasaran. "Harga sudah naik sebelum Idul Adha akibat suplai kurang," katanya.
Jika kenaikan harga terjadi pada mayoritas kebutuhan pokok masyarakat, pihaknya bakal mengajukan operasi pasar ke Pemprov. Jabar dan Bulog. "Kalau kenaikan harga mayoritas, kita upayakan operasi pasar ke Pemprov Jabar dan koordinasi ke Bulog," tuturnya.***


Kegiatan Cimahi

Headline News