Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemkot Cimahi Sambut Baik Adanya UU Peksos

2019-09-09 09:49:35

CIMAHI - Pemerintah Kota Cimahi menyambut baik disahkannya Undang-undang (UU) tentang Pekerja Sosial (Peksos). Sebab dengan pondasi itu, keberadaan Peksos semakin ditegaskan sebagai profesi yang punya hak dan tanggung jawab di Indonesia.

Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cimahi, Agustus Fajar mengatakan, lewat UU baru itu, Peksos dengan kompetensinya memiliki peran sentral dalam membantu banyak hal tentang kehidupan sosial masyarakat.
 
"Seperti, memecahkan masalah sosial secara efektif, memberi perlindungan, merestorasi fungsi sosial yang termarginalkan," kata Agustus saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (7/9/2019).

Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (PKS) termasuk Peksos di Kota Cimahi mencapai 252 orang. Rinciannya, Peksos jumlahnya mencapai 25 orang, Tenaga Kesejahtraan Sosial (TKS) sebanyak 64 orang dan Relawan Sosial sebanyak 163 orang.

Ditegaskan Agustus, keberadaan Peksos memiliki peran penting dalam upaya-upaya pembangunan kesejahteraan sosial di Kota Cimahi. Sebab mereka berkontribusi nyata terhadap pemenuhan hak dasar para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang dulu disebut PMKS.

Pekerja sosial juga berkontribusi nyata dalam memberikan pelayanan profesional yang terarah, terpadu, dan berkesinambungan untuk mencegah disfungsi sosial, memberikan pelayanan perlindungan sosial, serta memulihkan dan meningkatkan keberfungsian sosial bagi PPKS.

"Berdasarkan hal itulah diperlukan payung hukum sebagai mandat legal formal terhadap keberadaan Peksos dan perlindungan terhadap mereka dalam melaksanakan praktik pekerjaan sosial," jelas Agustus.

Maka dengan peran sentralnya tentang sosial, diharapkan semua Peksos di Kota Cimahi bisa memberikan pelayanan sesuai standar layanan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Jadi adanya undang-undang ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai standar kompetensi yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News