Pencarian :

Berita • Detail Berita

Animo Masyarakat Vaksin Hewan Peliharaan Tinggi

2019-09-09 10:04:18

CIMAHI.- Animo masyarakat melakukan vaksinasi bagi hewan peliharaannya di Kota Cimahi sangat tinggi. Jumlah hewan yang divaksin melebihi target, kegiatan vaksinasi bagi hewan dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit hewan demi menjamin Cimahi bebas rabies dan flu burung.
Kepala Seksi (Kasi) Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Kota Cimahi Retno Wulan mengatakan, vaksinasi terhadap hewan peliharaan masyarakat berakhir pada Agustus 2019. 
"Animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi. Terbukti setiap pelaksanaan jumlahnya bisa mencapai puluhan di satu lokasi," ujarnya.
Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di masing-masing kelurahan melalui door to door, ada juga yang dipusatkan di satu lokasi. 
"Kegiatan dilakukan berkoordinasi dengan kelurahan dan RW setempat. Jika ada masyarakat yang tidak mau bawa ternaknya ke lokasi, petugas yang mendatangi. Hal itu sekaligus sosialisasi bahwa vaksinasi ini diperlukan guna mencegah rabies dan flu burung," terangnya.
Sedikitnya 1.361 ekor hewan berbagai jenis mendapatkan vaksin rabies dan flu burung selama pelaksaaan vaksinasi secara cuma-cuma. Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung berlangsung dari Maret hingga Agustus 2019 dengan sasaran anjing, kucing, musang, ayam, bebek, entog, dan angsa.
"Jika masih ada pasien yang vaksin rabies ke Puskeswan juga tetap kita layani. Untuk vaksin gratis, tapi ada biaya pemeriksaan berupa retribusi daerah," ungkapnya.
Selama pelaksanaan vaksinasi ada 662 ekor hewan yang terdiri dari anjing, kucing, musang, dan kera yang divaksin rabies dari target 600 ekor.
Sementara vaksin flu burung sebanyak 699 ekor terdiri dari ayam, entog, bebek merpati, dan angsa dengan target 600 ekor.*


Kegiatan Cimahi

Headline News