Pencarian :

Berita • Detail Berita

Program Secercah Hati Kuatkan Peran Kader Posyandu dan Posbindu

2019-10-07 08:21:35

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat UNJANI dan UNPAS menggagas program Secercah Hati (Sehat, Cerdas, Cantik dan Sejahtera Harapan Ibu Pertiwi). Tujuannya untuk menguatkan peran kader Posyadu dan Posbindu.
"Kegiatan ini bertujuan mewujudkan masyarakat yang sehat, berpengetahuan luas dan sejahtera yang dilaksanakan melalui peningkatan peran perempuan lewat kader posyandu dan posbindu," ujar Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi Erik Yudha.
Kader Posyandu selama ini menjalankan fungsinya dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar guna mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Kader Posbindu juga berupaya meningkatkan dan mencegah masalah-masalah kesehatan dengan sasaran masyarakat usia lansia. 
"Pelaksanaan program bersinergi dengan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang dicanangkan oleh Pemkot Cimahi. Lokasi P2WKSS tahun 2019 adalah RW 12 Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi," katanya.
Dr. V. Santi Paramita selaku Ketua Program mengatakan program ini mendapatkan sumber pendanaan Hibah Program Kemitraan Wilayah (PKW) dari Kemerinstek Dikti dengan dana pendampingan dari Pemkot Cimahi. 
Dalam program ini, Fakultas Kedokteran (FK) UNJANI menggagas program 1000 hari kehidupan dengan menugaskan satu mahasiswa FK mendamping seorang ibu hamil hingga akhir masa menyusui (anak berusia 2 tahun). "Lewat program ini diharapkan tingkat kematian ibu dan bayi dapat ditekan serta terjadi pencegahan gizi buruk pada anak. Kegiatan lain berupa pendampingan lansia yang mengalami sakit berat seperti stroke dan kelumpuhan, agar kesehatan mereka tetap terjaga," katanya.
Upaya peningkatan perekonomian masyarakat dilakukan melalui pembentukan Komunitas Wirausaha Perempuan (KWP) beranggotakan Kader Posyandu dan Posindu. Mereka memproduksi  “Pie Susu Aneka Umbi” dengan merk UCIRA (Umbi Cimahi Raos). Seluruh alat dan modal produksi dihibahkan oleh Tim Program Secercah Hati. 
Pemasaran produk memanfaatkan teknologi digital marketing. Pendapatan penjualan sebagian dibagi antar anggota KWP, dan sebagian lagi dialokasikan untuk pengembangan bisnis berikutnya. Kegiatan ini akan menjadi cikal bakal terbentuknya koperasi produksi dan simpan pinjam yang dikelola KWP.  
Ibu Hastami selaku Ketua Posyandu RW 12 Kel. Cibeureum menyambut baik program Secercah Hati. 
"Senang ibu-ibu mendapat pengetahuan dan pendampingan hingga bisa meningkatkan kemampuannya dalam mendampingi masyarakat," tuturnya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News