Pencarian :

Berita • Detail Berita

Sinergi Komunitas Pada Festival Literasi Untuk Tingkatkan Budaya Literasi

2019-10-28 14:14:16

CIMAHI.- Festival Literasi digelar Komunitas Hayu Maca di Taman Kartini Jalan Baros Kota Cimahi, Minggu 27 Oktober 2019. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat literasi masyarakat Kota Cimahi.
Kegiatan berlangsung dalam rangka Milangkala ke-3 Komunitas Hayu Maca. Komunitas tersebut menggandeng komunitas lain di Kota Cimahi untuk mengenalkan 6 literasi dasar.
Materi Literasi baca tulis diisi Komunitas Photography Tjipot's, literasi budaya dan Kewargaan diisi Komunitas Tjimahi Heritage, literasi sains diisi oleh Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung berkolaborasi dengan Serlok Bantaran sebagai forum atas berbagai kegiatan pemberdayaan berbasis lingkungan hidup, literasi finansial diisi perbankan dalam hal ini Bank Jabar Banten (BJB),  literasi numerik diisi oleh Bapak Heru sebagai Instruktur & Trainer Matematika Nalaria Realistik, serta literasi Digital diisi Perusahaan Animasi Assemblr.
Selain pengenalan 6 literasi dasar, kegiatan juga dimeriahkan dengan pertunjukan dongeng, talkshow, seni, bazar, dan lapak baca.
Anak-anak yang hadir tampak antusias mengikuti berbagai acara tersebut, mereka juga terlihat sibuk membaca. Apalagi, ada kuis berhadiah buku yang dibagikan langsung oleh Walikota Cimahi Ajay M. Priatna dan Bunda Literasi Kota Cimahi Lusyani Priatna.Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, budaya baca harus digelorakan di seluruh lapisan masyarakat. "Dengan budaya baca bisa membentuk sumber daya manusia yang tangguh, sehingga berkontribusi untuk pembangunan Kota Cimahi," tuturnya
Ketua Komunitas Hayu Maca Donny Safari mengatakan,  sejak awal didirikan Komunitas Hayu Maca berusaha mengajak masyarakat meningkatkan minat baca. "Selama dua tahun pertama kita mengenalkan baca itu menyenangkan lewat lapak baca setiap minggu. Lapak baca ini tidak terbatas untuk anak-anak, melainkan keluarga sehingga cinta buku," ujarnya.
Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono mengatakan komunitas literasi di Cimahi dapat saling bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan budaya literasi masyarakat.
Untuk mendukung kiprah Komunitas Hayu Maca, Pemkot Cimahi menyalurkan bantuan berupa Sound Sistem portable dan 1 set tenda yang diserahkan Walikota Cimahi Ajay M. Priatna.*

Kegiatan Cimahi

Headline News