Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dipuji Kemenpora, Cimahi Disebut Kota Kreatif

2019-12-09 08:31:21

CIMAHI- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui Deputi Pemberdayaan Pemuda memuji Kota Cimahi sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Kreatifitas pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Djunaedi usai menghadiri acara Festival Pemuda Kreatif di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Sabtu (7/12/2019).

"Kita tahu Jabar banyak kota kreatif. Menurut saya Cimahi merupakan salah satu kota kreatif," ujarnya.

Kota Cimahi sendiri menjadi salah satu daerah yang dipilih untuk menjalankan kegiatan Festival Pemuda Kreatif yang diinisiasi Kemenpora RI. Selain Cimahi, ada tujuh wilayah lainnya yang dipilih melaksanakan kegiatan serupa.

Djunaedi menjelaskan, Cimahi disebut kota kreatif sebab memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul diberbagai bidang kreatifitas. Dari mulai fashion, musik, makanan, kerajinan dan sebagainya.

Salah satu hasil kreatifitas yang membuat Kemenpora adalah robotik hasil karya para mahasiswa yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Menurut Djunaedi, robot yang dipamerkan itu sudah laik ikut ajang internasional.

"Itu menggambarkan kalau Kota Cimahi dan sekitarnya Jabar ini banyak pemuda kratif dan kotanya juga kota kreatif. Kita bercita-cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul yang siap bersaing," katanya.

Lebih jauh soal Festival Pemuda Kreatif, lanjut Djunaedi, ditujukan memang untuk memfasilitasi karya anak-anak muda di kota Cimahi. Harapannya, kata dia, mereka nantinya bisa termotivasi dan lebih semangat dalam mengembangkan kreatifitasnya.

"Biar mereka terinspirasi, biar lebih banyak pemuda di Kota Cimahi ini menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif. Selain memberikan motivasi, diharapkan ke depan ada sinergi lebih mendorong kepada pemerintah daerah untuk bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal," pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatalan, kegiatan dari Kemenpora ini sudah sejalan dengan program dari Pemkot Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dalam menyiapkan SDM yang lebih baik dan unggul.

"Kita bercita cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul yang siap bersaing. Jadi ini satu hal yang harus dimanfaatkan, harus diapresiasi," katanya.

Ia mengklaim, sejauh ini pihaknya sudah berusaha menyediakan segala hal untuk menciptakan SDM yang unggul. Dari mulai pembangunan Cimahi Techno Park sebagai sarana untuk mengakomodir kreatifitas anak muda di Kota Cimahi.

"Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang cukup positif untuk mempersiapkan generasi Cimahi ini menjadi generasi yang hebat," tukasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore