Pencarian :

Berita • Detail Berita

Disdukcapil Cimahi Buka Pelayanan Diakhir Pekan

2020-01-20 07:58:58


CIMAHI - Mulai hari ini, tepatnya Sabtu (18/1/2020), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi resmi membuka pelayanan dihari libur Sabtu dan Minggu. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Kabar gembira itu disampaikan langsung Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna dalam akun instagram pribadinya, @ajaympriana. Ia menuliskan pelayanan khusus KTP-el dan Surat Keterangan (Suket) dibuka pukul 08.00-16.00 WIB.

Bukanya pelayanan diakhir pekan itupun dibenarkan Kepala Bidang Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hindasah. Menurutnya, layanan rekam-cetak KTP-el di sabtu-minggu ini untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, khususnya mereka yang tidak ada kesempatan waktu pada saat jam kerja.

"Karena banyak yang tidak sempat pada hari biasa, jadi kita buka pelayanam sabtu- minggu. Tahun lalu juga sebenarnya kita pernah buka layanan sabtu-minggu, namum vakum beberapa bulan. Terakhir 17 April 2019," terangnya.

Terkait blanko, diakui Ade masih terbatas. Sejak beberapa bulan terakhir, blanko KTP-el yang didapat dari pemerintah pusat sangatlah terbatas. Disdukcapil Kota Cimahi hanya mendapat 500 keping blanko setiap bulannya

"Baru bulan januari ini dapat 6.000 keping, bulan desember 2019 kemarin masih 500 keping," sebut Ade.

Menurutnya, jumlah blanko yang didapat itu jelas tidak akan mencukupi untuk melayani pencetakan KTP-el di Kota Cimahi. Sebab sampai saat ini, daftar tunggu yang sudah siap cetak atau Print Ready Record (PRR) mencapai 31 ribu pemohon.

"Kita selesaikan hutang-hutang waiting list dari bulan Juni 2019, sekitar 31 ribu," ucap Ade.

Selain melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el, pihaknya juga melayani warga yang akan mengurus perbaikan data biometrik kependudukan, dan pelayanan pencetakan Suket (Surat Keterangan).


Kegiatan Cimahi

Headline News