Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dishub-Dinkes Kota Cimahi Periksa Kesehatan Sopir Angkot

2020-02-10 08:11:26

CIMAHI.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menggelar pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi angkutan umum atau dikenal angkot di Terminal Pasar Antri Jalan Sriwijaya Raya Kota Cimahi.
Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, acara pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir dilakukan untuk memastikan kesehatan mereka. "Kegiatan rutin supaya kesehatan sopir termonitor, fit sehingga dalam mengoperasikan kendaraan bisa aman lancar dan berkeselamatan," ujarnya.
Jika hasil pemeriksaan dokter tidak dalam kondisi fit, lanjut Ranto, pihaknya menghimbau pengemudi beristirahat. "Keluhannya rata-rata sakit pinggang, pegal, hipertensi. Kalau kondisi tidak fit hasil diagnosa dokter, kami sarankan jangan bawa kendaraan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.
Ranto mengatakan, sopir dan pengusaha angkutan perlu menaati aturan jam kerja dan jam istirahat. "Sehingga pengemudi kendaraan bermotor umum diberi waktu kerja paling lama 8 jam sehari, harus ada istirahat. Jangan dipaksakan mengendarai kendaraan lama dan tidak fit karena bisa berdampak pada kecelakaan lalu lintas," tuturnya.
Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular Romi Abdurakhman, menjelaskan, rata-rata keluhan gangguan kesehatan yang dialami sopir seperti pegal-pegal, pusing, gangguan lambung, ambeien, hingga darah tinggi. Menurutnya, gangguan kesehatan tersebut muncul akibat gaya hidup sopir.
"Kebanyakan faktor resiko PTM tinggi karena gaya hidup. Rata-rata perokok, sering minum kopi dengan gula berlebih, kurang tidur, aktifitas tinggi, sulit berolahraga," ujarnya.
Terkait jam kerja sopir, lanjut Romy, keluhan pegal-pegal dan kelelahan menjadi dampak menyetir terlalu lama. "Memang wajib istirahat dulu. Dengan kondisi fit, pengemudi fokus mengemudi dan keselamatan penumpang serta pengguna jalan lainnya bisa lebih terjamin," katanya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore