Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pelayanan Publik Mulai Beralih Ke Online Untuk Kurangi Interaksi Warga dan Petugas Cegah Coronavirus

2020-03-19 16:10:20

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi mengalihkan pelayanan publik kepada sistem online (daring). Pengurangan pelayanan tatap muka diharapkan dapat mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di kawasan perkantoran tersebut.
Peralihan pelayanan diantaranya diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mulai Kamis 19 Maret 2020. Untuk melayani masyarakat akan kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) dan catatan sipil Disdukcapil Kota Cimahi menyediakan 10 nomor layanan WhatsApp (WA) sesuai kebutuhan masyarakat.
"Pemerintah Kota Cimahi menyampaikan permohonan maaf untuk ketidaknyamanan ini. Kontak langsung dan layanan tatap muka untuk sementara waktu ditutup, pelayanan dukcapil dialihkan secara online," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono. Pengumuman telah dipasang Disdukcapil Kota Cimahi di ruang pelayanan, termasuk menyebarkan informasi ke wilayah kecamatan-kelurahan untuk disebarkan ke masyarakat. 
Perkiraan masa penutupan loket pelayanan Disdukcapil Kota Cimahi berlangsung 14 hari. "Melihat perkembangan lebih lanjut," jelasnya.
Selain Disdukcapil Kota Cimahi, sejumlah dinas lain menyusul akan membatasi pelayanan tatap muka. "Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga mengoptimalkan layanan online. Pelayanan umum sampai pukul 12.00 WIB, sisanya mengurus perijinan secara online. Bagi masyarakat yang datang untuk konsultasi tetap dilayani, namun seperlunya," katanya.
Beberapa layanan pajak di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi  juga diproses untuk bisa dilakukan online.
Pihaknya berharap kebijakan tersebut diterima masyarakat. "Dalam memerangi virus corona, kita perlu menerapkan upaya pencegahan agar covid-19 tidak muncul di Kota Cimahi," tuturnya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore