Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pelaku UMKM Didorong Kreatif Ciptakan Produk Sesuai Kebutuhan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19

2020-06-30 08:01:36

CIMAHI.-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar dan Dekranasda Kota Cimahi-Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi menggelar workshop pembuatan face shield di Cimahi Technopark Jln. Baros Kota Cimahi, Senin (29/6/2020). Pelaku UMKM bisa memanfaatkan permintaan pasar dalam menjalani era adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19 dengan memproduksi barang yang dibutuhkan masyarakat.
Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia P. Kamil didampingi Ketua Dekranasda Kota Cimahi Lucyani Priatna mengatakan, pihaknya bekerjasama untuk menggelar pelatihan tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. "Penularan covid-19 banyak terjadi dari doplet mulut-hidung,  maka masker dan face shield ini menjadi kebutuhan masyarakat," ujarnya.
Dia mengatakan, pihaknya kerap mendapat informasi pelaku UMKM terdampak pandemi covid-19. "Dampak sangat terasa oleh UMKM, banyak yang curhat terutama kolaps karena tidak ada penghasilan secara normal. Momen seperti ini butuh kreatifitas dan inovasi, kita berupaya membuat produk yang bisa diterima masyarakat," katanya.
Pihaknya memberi bantuan anggaran dan pelatihan. "Nanti sudah bisa produksi, kita bantu pemasaran dan hasilnya bisa dibagi bersama Dekranasda," jelasnya.
Namun, yang lebih penting, kata Atalia, motivasi para pelaku UMKM agar mereka bangkit untuk meneruskan usahanya. "Hasilkan karya terbaik disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini," ucapnya.***

Kegiatan Cimahi

Headline News