Pencarian :

Berita • Detail Berita

Lomba Kelurahan Aman Covid-19 Ajak Partisipasi Warga

2020-09-14 08:16:23

CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi akan menggelar  Lomba Kelurahan Aman Covid-19. Keterlibatan masyarakat di tiap kelurahan dibutuhkan untuk mencegah corona virus disease (covid-19) tidak meluas.
Sebagai persiapan dilakukan rapat persiapan pelaksanaan penyelenggaraan Lomba Intervensi Kelurahan  Aman Covid-19 di Aula A Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Kegiatan tersebut dihadiri Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Forum Kota Sehat,  lurah dan camat se-Kota Cimahi.
Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi Maria Fitriana mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan penilaian secara bertahap dengan rentang waktu cukup panjang.
"Tujuan utamanya bukan penilaian, tapi bagaimana mengkampanyekan agar kebersamaan dari seluruh masyarakat di semua kelurahan mau dan tahu serta sama-sama menjaga agar covid-19 ini tidak tersebar dengan cepat," ujarnya.
Dijelaskan Pipit, kegiatan Kelurahan Aman Covid-19 ini merupakan salah satu upaya agar Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19 ini bisa menjadi budaya di kalangan masyarakat Kota Cimahi.
"Jadi ini salah satu upaya Pemkot Cimahi atas arahan dan petunjuk Bapak wali kota, agar bagaimana AKB ini menjadi hal yang membudaya di masyarakat," bebernya.
Pihaknya menegaskan, penanganan dan upaya mencegah Covid-19 bukan  hanya tugas dari pemerintah. "Masyarakat perlu terlibat secara bersama-sama, untuk itu harus diberikan edukasi mengenai covid-19.  
Msyarakat harus paham betul apa yang harus mereka lakukan ditengah pandemi," jelasnya.
Mekanisme Lomba Kelurahan Aman Covid ini, kata Pipit diantaranya Pemkot Cimahi membentuk tim intervensi Kelurahan Aman Covid-19. Tim intervensi tersebut kemudian melakukan sosialisasi ke kecamatan, kelurahan, dan lintas sektor terkait.
"Pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan membentuk tim kelurahan aman covid 19 dan melakukan pembinaan di wilayahnya. Tim kelurahan Aman Covid 19 ini juga membuat dokumen kegiatan kelurahan aman Covid-19 sesuai format standar dan dilaporkan untuk evaluasi," tuturnya.** 



Kegiatan Cimahi

Headline News