Loading...

Tips Penggunaan Baking Soda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Administrator 19 Agustus 2018 88313 kali dilihat
Bagikan:
Tips Penggunaan Baking Soda untuk Kesehatan dan Kecantikan
Siapa yang tak kenal baking soda? Rasanya hampir semua mengenalnya, ya. Baking soda atau sering dikenal sebagai soda kue adalah bahan penting dalam pembuatan kue yang terbuat dari natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat murni dan bersifat basa. Di dalam campuran bahan kue, soda kue akan bereaksi dengan bahan asam sehingga kue yang dihasilkan pun menjadi lebih empuk dan mengembang sempurna. 

Namun, tahukah Anda, baking soda ternyata juga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, Harganya pun cukup terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja. Apa saja dan bagaimana penggunaan baking soda untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini tipsnya.

1. Sebagai Scrub Wajah dan Bibir
Campurkan baking soda dan lemon dengan perbandingan 1:1, aduk rata hingga menjadi pasta. Pasta ini bisa Anda gunakan secara instan. Misalnya, sebelum mandi, Anda bisa menggunakannya sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati, baik di wajah maupun di bibir. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, baru Anda gunakan sabun wajah seperti biasa.

Selain bagus manfaatnya, pasta ini juga tentunya aman digunakan setiap hari. Jika sedikit tertelan, pasta ini tidak akan menimbulkan efek buruk apa pun. Dengan sifat alkali dari baking soda dan asam dari lemon, pasta ini akan sedikit terasa asin di lidah.

2. Melembutkan Rambut
Sebelum keramas, campurkan sedikit air dan 1 sendok baking soda untuk membasahi rambut. Setelah itu, gunakan sampo yang biasa Anda gunakan, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air sampai bersih. Hasilnya, rambut Anda akan terasa lebih lembut. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, cara ini juga bisa dicoba karena mampu menyuburkan pertumbuhan rambut.

3.  Menghilangkan Bengkak dan Pegal Pada Kaki
Bagi Anda yang sering mengalami bengkak di kaki atau pegal saat melakukan perjalanan jauh, baking soda juga bisa membantu. Masukkan 2-3 sendok makan baking soda ke dalam air hangat. Aduk rata, lalu rendamlah kaki Anda sampai hangatnya hilang. Lakukan sambil mengurut-urut bagian kaki yang terasa bengkak atau pegal. Rasakan hasilnya, kaki Anda menjadi lebih ringan dan pegal pun hilang.

4. Sebagai Pengganti Tabir Surya
Jika Anda kehabisan tabir surya dan belum sempat membeli kembali, baking soda juga bisa digunakan sebagai alternatif sementara. Campurkan satu sendok makan baking soda ke dalam botol spray yang berisi air, aduk rata dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, semprotkan ke wajah, tangan, dan kaki sebelum berenang. Hendak bepergian jarak jauh? Cukup semprot di wajah saja, lalu usap secara merata  sampai kering, barulah gunakan bedak seperti biasa.

Air baking soda ini juga ampuh dan aman untuk mengurangi jerawat serta minyak berlebih, menghilangkan komedo, atau flek di wajah, memutihkan kulit, mengatasi gatal-gatal, juga menghilangkan bau badan atau sebagai pengganti deodorant alami. Bahkan, air baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata.  

5. Mengatasi Asam Lambung
Perut yang terasa kembung dan rasa nyeri di ulu hati biasanya merupakan gejala sakit mag. Campurkan air minum hangat di gelas dengan satu sendok teh baking soda. Aduk rata, lalu minumlah. Air hangat baking soda ini juga bisa digunakan untuk berkumur-kumur sebagai penghilang bau mulut.

6.  Menghilangkan Plak dan Memutihkan Gigi
Gunakan campuran baking soda dan lemon untuk pengganti pasta gigi Anda. Jika digunakan secara teratur, plak akan hilang dan gigi pun jadi putih bersih. 

Bagaimana, cukup mudah dan praktis, bukan, tips penggunaan baking soda bagi kesehatan dan kecantikan ini? Selamat mencoba. (AH)

image source: http://www.brinkleybeautyblog.com/wp-content/uploads/2016/06/Baking-Soda.jpg