Loading...

Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelurahan

Bambang S. 03 Desember 2021 896 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pembangunan merupakan hal yang sangat mendasar dalam sebuah negara. Pemerintah memiliki kewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya, dan salah satunya adalah melalui pembangunan.

Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat  serta penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan menjadi fenomena yang semakin kompleks, pembangunan di wilayah dalam perkembangannya tidak semata-mata terbatas pada peningkatan ekonomi. 

Lebih dari itu, pembangunan di wilayah adalah sebuah upaya dengan ruang lingkup kegiatan yang menyentuh pemenuhan berbagai macam kebutuhan sehingga segenap anggota masyarakat dapat mandiri, percaya diri, tidak bergantung dan dapat lepas dari belenggu keterpurukan yang membuat hidup sengsara. 

Karena itu ruang lingkup pembangunan perkotaan sebenarnya sangat luas, implikasi sosial dan politiknya pun juga tidak sederhana.

Makna pembangunan masyarakat melalui pemberdayaan adalah bagaimana membangun kelembagaan sosial ekonomi yang mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat lapangan kerja dan pendapatan yang layak, kebebasan menyampaikan pendapat, berkelompok dan berorganisasi, dan berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan pembangunan. 

Berkaitan dengan hal tersebut terdapat tujuh strategi yang diperlukan dalam peningkatan kapasitas kelembagaan :

1.    Struktur organisasi/kelembagaan

Struktur organisasi memiliki peran penting sebagai garis hierarki dalam pengurus organisasi atau suatu lembaga, struktur ini akan memperjelas fungsi dan kedudukan setiap posisi pekerjaan secara jelas (tupoksi) agar pelaksanaan sesuai maksud dan tujuan

2.    Penguatan organisasi/kelembagaan

Penguatan sebuah organisasi dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan tugas atau kegiatan dalam organisasi, agar pelaksanaan tugas setiap kegiatan dalam organisasi, regulasinya dibutuhkan surat keputusan sebagai dasar dan penguat organisasi tersebut.

3.    Keterlibatan organisasi/ kelembagaan

Keterlibatan organisasi merupakan jalinan kerja antar lembaga yang dilakukan secara aktif oleh lembaga kelurahan dan skpd terkait. Contohnya ada binwil yang ditunjuk di setiap kelurahan dari SKPD.

4.    Sumber daya manusia

Sumber daya manusia merupakan individu yang memiliki potensi, pemikiran dan tujuan untuk membangun organisasi / lembaga (tindak lanjutnya contoh diberikan pelatihan ketrampilan para umkm dan elemen atau lembaga lainnya).

5.    Keuangan

Salah satu penunjang untuk melaksanakan kegiatan organisasi dan kelembagaan yaitu memiliki sumber keuangan, adapun sumber keuangan atau biaya organisasi kelembagaan kelurahan bersumber dari apbd kota dan kita mendorong kepedulian CSR.

6.    Kepemimpinan yang strategis

Sukses atau majunya sebuah organisasi/kelembagaan dibutuhkan kepemimpinan yang strategis, hal tersebut dapat dicapai dengan adanya ide dan prakarsa dari setlap lembaga menuju pembangunan kota yang maju dengan adanya inovasi-inovasi.

7.    Manajemen jaringan antar lembaga/organisasi

Membangun organisasi kelembagaan dibutuhkan berbagai kerjasama antar organisasi kelembagaan lainnya hal tersebut dijalln dengan saling bersinergi antar lembaga, contohnya: melaksanakan rembug warga yang dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pengusaha. 

Pembangunan sumberdaya manusia merupakan hal yang penting, karena sumberdaya yang berkualitas akan mampu mendorong pertumbuhan menjadi lebih maju dan sejahtera.

Perangkat kelurahan mulai dari LPM, RT , RW hingga Lurah adalah operator pembangunan, kualitas perangkat adalah syarat mutlak suksesnya pembangunan itu sendiri.

Oleh karena itu salah satu sumberdaya penggerak pembangunan perkotaan yang sangat perlu ditingkatkan kualitasnya adalah LPM, para ketua RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga), mereka adalah perangkat  paling bawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.