Loading...

Seribu Upaya Kota Cimahi Untuk Kurangi Angka Pengangguran

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 22 Desember 2022 3454 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Kota Cimahi menjadi daerah di Jawa Barat dengan angka pengangguran tertinggi ke dua setelah Kota Bogor berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS)

Berdasarkan data BPS, hingga Agustus 2022 ada 2,13 juta penduduk Jawa Barat yang menganggur, sebanyak 10,77 persennya merupakan masyarakat Kota Cimahi. Sementara angka pengangguran tertinggi dipegang Kota Bogor dengan 10,78 persen

Pada tahun 2021 BPS Kota Cimahi juga sempat merilis jumlah pengangguran mencapai 38.193 orang atau 13,03 persen. Sementara pada tahun 2020 jumlahnya sebanyak 39.055 orang atau 13,30 persen.

Untuk menanggulangi tantangan tersebut Pemerintah daerah Kota Cimahi, melakukan berbagai upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka yang ada di wilayahnya.

Pelatihan Ketenagakerjaan seperti pelatihan digital (Network dan Fiber Optik), kerjasama dengan berbagai bidang industri baik di skala regional nasional maupun internasional hingga upaya membuka lowongan pekerjaan dan pelatihan kewirausahaan menjadi salah satu hal yang terus dilakukan oleh pemerintah kota,  dalam upaya menjawab tantangan tersebut.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik,  persentase pengangguran terbuka yang ada di kota Cimahi sebetulnya telah mengalami penurunan. Dari yang semula 38.000 orang pada tahun 2020 namun di tahun 2021 menjadi 30 ribuan masyarakat angkatan kerja.

Angkatan kerja merujuk pada seseorang yang ada pada usia produktif untuk bekerja di luar pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pensiunan, hingga lansia. Sementara yang bukan angkatan kerja merupakan mereka yang dikecualikan dari klasifikasi angkatan kerja.

Secara persentase angka tersebut menurun sekitar 3%, namun hal ini tidak membuat Pemerintah Daerah Kota Cimahi berpuas diri.

Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dilakukan oleh stakeholder terkait untuk mengentaskan permasalahan ketenagakerjaan bagi kota yang sudah berusia 21 tahun tersebut.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat dan untuk mengimbangi isu terjadinya krisis global tahun 2023, pelatihan merupakan cara efektif untuk dapat mengejar ketertinggalan.

Penyelenggaraan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja juga dapat menjadi upaya mengentaskan angka pengangguran di Kota Cimahi.

Tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja terus bertambah secara signifikan setiap tahun, di sisi lain lowongan kerja semakin terbatas dan persaingan cukup tinggi.