Loading...

Polres Cimahi Kembalikan Puluhan Motor Hasil Curian, Berikut Tips Agar Kendaraan Lebih Aman

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 14 Maret 2023 2262 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Buat warga Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang merasa kehilangan motor, bisa mendatangi Mapolres Cimahi untuk melakukan pengecekan dengan membawa surat-surat kendaraan bermotor.

Polres Cimahi mengamankan 50 motor yang dicuri oleh 22 tersangka, sehingga semua kendaraan tersebut akan dikembalikan secara gratis kepada pemiliknya jika bisa menunjukkan STNK dan BPKB.

Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono mengatakan, syarat untuk mengambil sepeda motor itu, warga Kota Cimahi dan KBB harus membawa surat-surat kendaraan yang lengkap, kemudian, nantinya akan dicocokkan oleh petugas.

"Kalau memang (surat dan fisik) cocok, silakan ambil tapi dengan syarat membawa dokumen bukti kepemilikan yang sah seperti BPKB dan STNK, semuanya gratis," kata Aldi, 10 Maret 2023.

Ada banyak cara untuk mengamankan motor. Mulai dari hal yang kompleks sampai simple. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pencurian motor yang tentu sangat merugikan. Jika pencurian benar-benar terjadi, maka Anda tidak hanya rugi uang, akan tetapi juga rugi waktu untuk mencarinya dan lapor sana-sini.

Motor adalah barang berharga yang harus dilindungi. Maka dari itu, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang cara sederhana agar motor aman dari maling yang penting untuk diketahui. Simak artikel ini sampai tuntas.

Ø  Kunci Stang

Melansir dari laman Suzuki, cara mengamankan motor dari maling yang paling sederhana adalah mengunci stang. Kunci stang adalah cara terbaik dan paling mudah untuk mengamankan motor. Selain itu, kunci stang juga akan menyulitkan orang lain untuk memindah-mindahkan motor ke tempat lain.

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal. Anda harus mengunci stang motor ke arah kanan. Ini terbukti mampu mengamankan motor dari pencurian. Mengunci stang ke kanan tidak akan memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

Ø  Pasang Kucing Tambahan

Cara kedua mengamankan motor dengan sederhana adalah dengan memasang pengaman tambahan. Pengaman tambahan yang dimaksud di sini adalah gembok. Gembok ini bisa Anda pasang di cakram bagian depan motor. Ini akan menyulitkan maling untuk mencuri motor Anda. Selain itu pengaman ini juga terbukti efektif untuk mengamankan motor. Ketika motor Anda akan diambil oleh maling, dia akan kesulitan mengendarainya. Kecuali si maing kuat mengangkat motor Anda tanpa ketahuan siapapun.

Ø  Pasang Alarm

Selanjutnya, cara sederhana agar motor aman dari maling adalah memberikan alarm. Alarm sejauh ini masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor Anda disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, motor akan memberikan sinyal dan membunyikan alarm dengan keras.

Hal itu akan membuat maling panik dan membuka peluang untuk ketahuan oleh orang lain. Dengan demikian, maka maling tidak akan berhasil mengambil motor Anda. Namun, tidak semua motor memiliki alarm. Anda bisa memasangnya secara manual ke bengkel.