Loading...

Kota Cimahi Komitmen Pertahankan Capaian Universal Health Coverage

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 14 Maret 2023 1935 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemerintah Daerah Cimahi sukses mempertahankan cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) yang telah diraih sejak tahun 2020. Sehingga Pemerintah Daerah Kota Cimahi juga menerima anugerah penghargaan UHC Award yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan juga Menko PMK di Jakarta Selasa (14/03). Terhitung per Maret 2023, sebanyak 557.234 jiwa penduduk Kota Cimahi telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 562.160 jiwa atau sebesar 99,12%. Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Cimahi telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama,  Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. Lewat capaian ini, bersama BPJS Kesehatan, Dikdik berharap agar pemerataan kesejahteraan khususnya di bidang jaminan kesehatan semakin meningkat dan dapat dirasakan nyata oleh seluruh masyarakat Kota Cimahi.

Dalam kesempatan yang sama Dikdik menegaskan, bahwa UHC Kota Cimahi merupakan salah satu bentuk dukungan penuh pemerintah daerah  terhadap Program JKN dan kepatuhan dalam menjalankan peraturan perundang-undangan, khususnya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan juga Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN yang salah satunya ditujukan kepada seluruh Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) di seluruh Indonesia.

“Hal ini selaras dengan upaya pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang Kesehatan. Dengan telah tercapainya UHC di Kota Cimahi maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Hal tersebut penting untuk tetap menjaga komitmen para pihak dan tetap mempertahankan UHC di Kota Cimahi,” ujar Dikdik.

Pertumbuhan jumlah peserta dan kesiapan Kota Cimahi dalam mempertahankan UHC ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN. Saat ini sampai dengan bulan Maret 2023, secara keseluruhan Kantor Cabang Cimahi telah bermitra dengan  137 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 45 Puskesmas, 19 Dokter Praktik Perorangan, 7 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 66 Klinik Pratama.

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi sampai saat ini juga telah bekerjasama dengan 24 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 17 Rumah Sakit serta 7 Optik yang tersebar di wilayah Kota Cimahi sebanyak 8 RS dan di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 9 RS.