Loading...

Semangat Ngahiji Membangun Kota Cimahi Yang Lebih Baik

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 15 Juni 2023 2643 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Tak terasa Kota Cimahi akan memasuki usia yang ke-22 tahun di tahun 2023 ini

Tepat pada tanggal 21 Juni tahun 2001 lalu Kota Cimahi resmi terbentuk sebagai Kota otonom yang mandiri di Provinsi Jawa Barat.

Perjalanan panjang yang penuh dengan lika-liku dan tantangan menjadikan kota Cimahi sebagai kota yang penuh dengan berbagai dinamika.

Perencanaan pembangunan, pemerataan ekonomi, peningkatan infrastruktur dan fasilitas umum menjadi salah satu pekerjaan rumah dari sekian banyak PR yang perlu diselesaikan oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Dengan luas yang hanya 40,37 km2, Kota Cimahi menjadi salah satu kota dengan tingkat kepadatan penduduk terpadat yang ada di Jawa Barat bahkan di Indonesia yaitu 13.850 jiwa/km2

Cimahi Ngahiji menjadi tema besar yang diangkat oleh pemerintah daerah Kota Cimahi dalam memperingati hari jadi ke 22 tahun kota tersebut.

Ngahiji yang merupakan akronim dalam bahasa Sunda "Ngawangun Cimahi Sangkan Jadi Nomor Hiji" memiliki arti Membangun Cimahi Untuk Menjadi Nomor Satu adalah sebuah filosofis yang bermakna pembangunan Kota Cimahi harus saling bersatu padu agar menciptakan pembangunan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Dalam bahasa Sunda sendiri Ngahiji memiliki arti Bersatu.

Pada logo resmi HUT Ke 22 yang dipublikasikan oleh pemerintah daerah Kota Cimahi, "Cimahi Ngahiji" memiliki makna bahwa Kota Cimahi selalu memiliki api semangat yang membara dalam persatuan untuk meraih kejayaan.

Logo tersebut terdiri dari beberapa elemen diantaranya logo utama yang membentuk simbol api, tangan yang saling menggenggam, kujang dan juga sayap.

Warna yang terdapat pada logo Hut 22 tahun Kota Cimahi merupakan warna yang juga terdapat pada logo utama Kota Cimahi yakni biru dan orange.

Adapun semangat simbol HUT ke 22 Kota Cimahi yaitu "Cimahi Ngahiji" selaras dengan perjuangan masyarakat dan juga para stakeholder (pemangku kebijakan) untuk terus membangun Kota Tentara agar menjadi kota yang lebih baik, lebih nyaman, dan lebih sejahtera bagi masyarakatnya.

Arti logo dari HUT Kita Cimahi yang ke 22 Tahun :

1. Tangan Saling Menggenggam

Merupakan simbol dari tema besar yaitu Cimahi Ngahiji yang memiliki arti bersama membangun dan menjadikan kota Cimahi yang unggul dalam segala bidang.

2. Kujang

Merupakan senjata tajam rakyat Jawa Barat yang mengandung makna kejayaan kekuatan serta ketajaman dalam melindungi hak dan kebenaran.

3. Sayap

Melambangkan kekuatan, kesanggupan serta dinamika kemauan untuk terus berkembang dan terbang ke atas

4. Simbol Api

Elemen api dapat diartikan sebagai semangat kekuatan dan harapan untuk dapat terus menjadi cahaya yang dapat menerangi serta bermanfaat bagi sekitarnya.