Loading...

Hari Anti Narkotika Internasional, Waspadai Lingkungan Terdekat Kita Dari Bahaya Narkoba

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 06 Juli 2023 2238 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi menggelar peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 yang dilaksanakan secara tatap muka di Aula Gedung A  pada hari Selasa (27/06/2023).

Hadir dalam kegiatan Peringatan HANI, Kepala BNN Kota Cimahi Yulius Amra., S.H.  unsur Forkopimda dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi, Badan Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (BP3N), Perwakilan Kampus IKIP Siliwangi, Perwakilan Kampus UNJANI, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Forum Keberagaman Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Duta Bela Negara, Forum anak, PKK Kota Cimahi dan DharmaWanita Persatuan Kota Cimahi.

Pada tahun 2023, HANI mengusung tema Internasional: “people first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention”, sedangkan tema Nasional HANI adalah : “akselerasi war on drugs menuju indonesia bersinar”. Mengacu pada tema tersebut, maka peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2023 ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba sekaligus bertujuan untuk membangun kesadaran semua pihak bahwa narkoba adalah barang yang berbahaya bila disalahgunakan.

Dalam sambutannya Kepala BNN Kota Cimahi Yulius Amra., S.H. menjelaskan bahwa penyalahguna narkoba di indonesia meningkat dari 1,8% (3.419.188 jiwa) pada tahun 2019 menjadi 1,95% (3.662.646 jiwa) pada tahun 2021. selain itu, survey lain tahun 2019 menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat adalah wilayah dengan penyalahguna narkoba jarum suntik terbanyak di Indonesia yaitu sebanyak 20% (13.608 jiwa). Oleh karenanya Yulius mengajak kepada seluruh elemen untuk selalu meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba pada masyarakat, serta mengajak segenap masyarakat untuk berperan aktif dalam memerangi narkoba. harapannya setiap unsur masyarakat bisa saling berkontribusi, berperan menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba, mewujudkan generasi emas, dan mewujudkan indonesia yang bersih dari narkoba.

Sejalan dengan Kepala BNN Kota Cimahi, Pelaksana Tugas Harian (Plh.) Wali Kota Cimahi Maria Fitriana yang hadir  memberikan sambutan pada kegiatan Peringatan HANI Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 jua mengajak seluruh warga masyarakat Kota Cimahi untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Mari kita selalu waspada terhadap sekeliling lingkungan kita dan upaya pencegahan harus dimulai dari lingkungan terdekat khususnya keluarga” tuturnya.

Lebih lanjut Maria menjelaskan Indonesia memiliki cita-cita sebagai negara dengan ekonomi terkuat kelima pada tahun 2045; untuk mewujudkan tantangan tersebut diperlukan SDM  yang tangguh dan unggul, yang memiliki etos kerja produktif, keterampilan, kreativitas, disiplin, profesionalisme, serta memiliki kemampuan memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang berwawasan lingkungan maupun kemampuan manajemen. Untuk itu kita semua harus bisa melindungi dan menjaga anak-anak kita agar tidak terjerumus dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Mari kita bergerak bersama-sama dengan BNN RI  sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dengan melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika, war on drugs, guna mewujudkan cita-cita bersama, yaitu indonesia bersinar (bersih narkoba).

Dalam peringatan HANI tahun 2023  tersebut BNN Kota Cimahi memberikan hadiah/penghargaan kepada pemenang  lomba mewarnai tingkat PAUD/TK, Lomba Menyanyi “Sing Against Drugs, Lomba Menyanyi Online” , pemberian penghargaan kepada 10 duta Remaja Anti Narkoba dan pemberian penghargaan kepada stakeholder/lembaga/instansi yang telah mendukung memerangi narkoba di Kota Cimahi.