Loading...

Tingkatkan Pelayanan Keprotokolan Pemkot Cimahi Launching Protokolaborasi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 10 Agustus 2023 1506 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Hal mendasar dalam pelaksanaan keprotokolan di lingkungan kerja Pemerintah Daerah Kota Cimahi adalah koordinasi, oleh karenanya diperlukan adanya upaya dan inovasi untuk dapat terus meningkatkan kulitas koordinasi antara protokol dan Perangkat Daerah agar penyelenggaraan keprotokolan dan pelayanan terhadap pimpinan dapat berjalan maksimal.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan keprotokolan di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Pemkot Cimahi melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan setda Kota Cimahi melaunching “Protokolaborasi” berupa pembentukan jaringan kerja keprotokolan berbasis kolaborasi atau yang di singkat Protokolaborasi yang terdiri atas perwakilan SDM dari setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. Adapun kedepannya SDM pada jaringan kerja ini akan diberikan sosialisasi maupun pemberian informasi serta pelaksanaan rapat koordinasi secara rutin dan berkala dalam upaya peningkatan kompetensi dan peningkatan kualitas pelayanan keprotokolan. Launching Protokolaborasi dilakukan oleh Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan pada Rabu (09/08/2023) bertempat di Convention Hall Cimahi Technopark.  


Dalam sambutannya Dikdik  menjelaskan bahwa keprotokolan  merupakan sebuah etalase, ketika penyajian keprotokolan dilakukan dengan baik maka secara tidak langsung menunjukkan performa pemerintahan yang baik pula. Keprotokolan adalah layanan pendukung yang strategis dalam pemerintahan karena tidak hanya pelayanan kepada pimpinan tapi juga kepada tamu undangan yang hadir pada suatu acara atau kegiatan. Oleh karenanya sinergitas antara Sub Bagian Protokol dengan SKPD harus terbangun dengan baik.

Kunci keberhasilannya adalah koordinasi dan komunikasi. Hendaknya sebuah kegiatan dapat menjadi perekat untuk menghubungkan pimpinan dan perwakilan antar instansi yang hadir. agar ego sektoral disetiap kegiatan bersama harus diredam sehingga setiap acara atau kegiatan akan berjalan sesuai yang diharapkan.

“ Adanya pemikiran bahwa keprotokolan di Cimahi harus dioptimalkan, terutama untuk memadu serasikan aktifitas antar pimpinan terkait dalam  sebuah kegiatan  atau event, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan apa yang sudah direncanakan dapat mencapai target, karena harus diakui bahwa fungsi keprotokolan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap pelaksanaan sebuah kegiatan. Siapapun yang menjadi bagian dari tugas keprotokolan ini harus mampu berkomunikasi, berkordinasi, dan berkolaborasi  sehingga dapat meyakinkan bahwa kegiatan dapat berjalan dengan baik , dan berharap mudah-mudahan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cimahi dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh Masyarakat” tutur Dikdik saat di wawancarai awak media seusai acara.