Loading...

Tingkatkan Kualitas Publikasi Data, Diskominfo Kota Cimahi Gelar Workshop Interoperabilitas Data Dan Visualisasi Data Sektoral

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 16 November 2023 1174 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Data merupakan bagian penting dalam perumusan kebijakan dan penyusunan rencana program pembangunan daerah. Dari data dapat dilihat gambaran kondisi yang ada sehingga dapat diprediksi kondisi yang akan datang. Sehubungan dengan hal tersebut, sudah barang tentu Pemerintah Daerah Kota Cimahi diharapkan dapat  memiliki data yang berkualitas dan terpublikasi dengan baik dan menarik untuk mendukung penyusunan perencanaan program pembangunan yang tepat.


Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi data, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi menggelar workshop  interoperabilitas  data dan visualisasi data sektoral yang  dihadiri oleh 30 orang PIC (Person in charge) dan pendukung perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Cimahi pada Rabu (15/11/2023) bertempat di Aula Gedung B Pemkot Cimahi.

Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Cimahi Hendi Purwanda menyampaikan harapannya saat membuka workshop tersebut output dari kegiatan ini semoga dapat menghasilkan data yang lebih akurat, yang mudah diakses, dan terpublikasi dengan visualisasi yang  menarik, sehingga  orang atau pengguna data akan mudah mencerna informasi yang ada didalam data yang disajikan.


Semoga kita dapat mewujudkan data yang lebih baik, data yang akurat, mutakhir mudah diakses  lalu dapat menjadi salah satu landasan dalam Perencanaan atau Perumusan Pembangunan. Dengan adanya komitmen bersama mulai Pimpinan tertinggi Pak Pj. Wali Kota, Pak Sekda, Pak Kadis terkait dengan ketersediaan dan penyajian data ini  mudah-mudahan kualitas data yang dimiliki Pemerintah Daerah Kota Cimahi akan menjadi lebih lengkap, lebih menarik dan bermanfaat optimal” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Data dan Statistik Diskominfo Kota Cimahi Azis Sumaryono menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diadakannya Workshop Interoperabilitas  Data dan Visualisasi Data Sektoral ini adalah 1) Memberikan literasi  Interoperabilitas Data kepada Pengelola Data perangkat daerah di Kota Cimahi, 2) Peningkatan Kemampuan Teknis Penyusunan Visualisasi Data Sektoral, 3) Memberikan Literasi Fitur E-Walidata Portal Satu Data pada Pengelola Data perangkat daerah di Kota Cimahi, dan 4) Melaksanakan Evaluasi atas Ketersediaan Data dan Publikasi Data pada Portal Satu Data Kota Cimahi.

Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Walidata mempunyai tugas dalam mengkoordinasikan  penyelenggaraan Satu Data dan ketersediaan data Sektoral, memeriksa atau memverifikasi kesesuaian data, menyebarluaskan data serta penyelenggaraan Tata Kelola Aplikasi Satu Data dan Satu Peta Kota Cimahi. Diperlukan Komitmen dan Sinergi serta Geraklangkah yang terkoordinasi dalam mewujudkan Satu Data Indonesia di Kota Cimahi” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam workshop tersebut Shinta Prima Astuti (Business Intelligence Analyst) dan Rohmat Hidayat (Informatic Engineer) dari Jabar Digital Service (JDS). (Bidang IKPS)