Loading...

Jadi Tradisi, Berikut Beberapa Tips Menjelang Mudik Idul Fitri

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 Maret 2024 458 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Mudik atau kembali ke daerah asal dari tempat merantau merupakan salah satu tradisi yang sudah pasti terjadi terlebih menjelang perayaan hari raya Idul Fitri. 

Dilansir dari website Jabarprov.go.id jumlah pemudik secara nasional pada perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2024 diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan dibanding pada tahun 2023 yaitu mencapai 193,6 juta orang atau 71,7% dari total penduduk Indonesia.

Dengan masif nya pergerakan warga masyarakat pada moment "Mudik" berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh warga masyarakat yang akan melaksanakan tradisi tahunan tersebut.

1.    Pilih moda transportasi yang nyaman dan benar. Dalam memilih moda transportasi, perhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi udara karena lebih cepat.

2.    Apabila mudik dengan kendaraan pribadi , lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban dan peralatan seperti dongkrak, obeng dan tang untuk berjaga-jaga. Hal ini perlu dilakukan supaya perjalanan aman.

3.    Luangkan waktu untuk istirahat ketika mudik dengan kendaraan pribadi, lakukan sedikit peregangan dan memberi waktu kendaraan beristirahat sejenak

4. Cek keadaan rumah sebelum pergi. Ketika meninggalkan rumah, cabut semua kabel-kabel aliran listrik dan regulator gas, matikan kran air, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah dan apabila perlu beritahu tetangga atau satpam tempat tinggal  kita bepergian agar ikut mengawasi kondisi rumah.

5.  Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan, hal ini untuk menjaga kondisi tetap fit selama perjalanan, dan bawa vitamil / obat-obatan untuk menjaga kondisi kesehatan apabila diperlukan.

Sebagai Informasi tambahan dalam rangka mendukung pelaksanaan mudik lebaran yang aman dan nyaman Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Perhubungan beberapa waktu lalu melaksanakan Program Mudik Gratis tahun 2024. Mudik gratis lebaran ini dikhususkan bagi warga Kota Cimahi yang ingin pulang kampung.

Tujuan mudik gratis tahun ini adalah Cimahi-Solo via Yogyakarta melalui jalur selatan dan Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon lewat jalur utara. Pendaftaran akan dibuka 13-15 Maret 2024 dimulai pukul 09.00-12.00 WIB di Kantor Dishub Kota Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.***