Loading...

Stok Pangan Saat Hari Raya Idul Fitri di Kota Cimahi Mencukupi Kebutuhan Masyarakat

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 April 2024 176 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi beserta Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkorperin) dan jajaran melakukan sidak pasar tradisional.

Rombongan Pj Wali Kota Cimahi berkeliling untuk berdialog langsung dengan para pedagang di Pasar Antri memantau ketersediaan komoditas pangan pokok dan kestabilan harga jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"Ada dua hal yang kami pastikan melalui sidak pasar yang dilakukan hari ini," tutur Dicky selepas berkeliling melakukan sidak pasar. 

a menyampaikan tujuan dan hasil dari observasi yang telah dilakukannya di Pasar Antri. Dicky mengungkapkan selain untuk memantau ketersediaan stok komoditas pangan pokok, sidak pasar pun dilakukannya untuk memastikan keamanan pangan yang dijual di pasar.

"Hal pertama yang harus dipastikan adalah pengamanan pangan untuk melihat kualitas pangan, sehat atau tidak, jangan sampai pangan yang dijual di pasaran tidak layak untuk dikonsumsi masyarakat. Alhamdulillah kita belum menemukan pangan yang tidak sehat terutama untuk komoditas sayuran, buah dan daging," lanjut Dicky. 

Dicky menyebut masyarakat berhak mendapatkan pangan dengan kualitas yang baik di samping untuk menjamin kesehatan masyarakat selaku konsumen pasar. Ia meminta jajarannya untuk memastikan keamanan pangan secara berkelanjutan sampai hari H Lebaran. 

"Lalu yang kedua kami pastikan adalah ketersediaan pangan di pasar. Bisa kita lihat bersama untuk stok pangan dari sisi supply tidak ada masalah, untuk beras sudah ada pasokan beras lokal karena sudah masa panen. Nah, untuk beras lokal ini ada variasi harga, meskipun ada penurunan namun masih bertahan di harga Rp15.000 – Rp16.000, belum kembali ke harga sebelumnya, hal ini terjadi karena permintaan masih tinggi sehingga pasokan harus terus ditambah," sebut Dicky.

Dicky pun memastikan saat moment Hari Raya Idul Fitri 1445 H Stok bahan pangan yang ada di Kota Cimahi berada dalam kondisi yang bisa mencukupi kebutuhan masayarakat.***