Loading...

Cara Mengecek Kebenaran Gambar atau Foto Hoax atau Bukan

Administrator 22 Maret 2018 24641 kali dilihat
Bagikan:
Cara Mengecek Kebenaran Gambar atau Foto Hoax atau Bukan

Media sosial adalah tempat atau wadah untuk masyarakat mencari berbagai informasi, bersosialisasi dengan orang, namun sekarang banyak oknum-oknum yang memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang tidak sesuai. Banyak oknum-oknum yang menyebarkan berita tidak benar di media sosial dan banyak warga yang tidak tahu kebenarannya dan langsung menyebarkannya lagi kepada orang lain. Hal ini sering disebut sebagai Hoax.

Hoax adalah informasi yang tidak benar dan bertujuan untuk merusak, menjatuhkan dan sebagainya. Hoax adalah salah satu penyakit masyarakat yang sangat sulit untuk dihilangkan. Hoax sulit dihilangkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hal ini. Oleh karena itu masyarakat harus lebih pintar untuk menanggulangi masalah hoax ini.

Banyak gambar yang terdapat di media sosial yang tidak tahu kebenarannya, berkaitan dengan itu ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kebenaran gambar tersebut. Kali ini saya akan memberikan tips untuk mengetahui kebenaran gambar tersebut menggunakan fasilitas yang disediakan oleh google yaitu http://images.google.com.

Menurut Wikipedia, Google Images adalah layanan pencarian yang dibuat oleh Google dan diperkenalkan pada bulan Juli 2001. Layanan ini memungkinkan pengguna mencari konten gambar di internet. Kata kunci pencarian gambar didasarkan pada nama berkas gambar, teks tautan yang mengacu ke gambar, dan teks di dekat gambar. Saat mencari gambar, miniatur gambar yang cocok dengan kueri pencarian tersebut akan ditampilkan. Ketika pengguna mengklik miniatur tersebut, gambar tersebut ditampilkan di dalam kotak yang menimpa situs web sumbernya. Pengguna kemudian bisa menutup kotak dan menelusuri situs tersebut atau melihat gambar dalam ukuran penuh. Dalam hal lain Google Image dapat digunakan untuk menelusuri gambar-gambar yang ingin dicari kebenarannya.

Berikut adalah cara penggunaan fasilitas tersebut.

1) Siapkan gambar yang ingin diketahui kebenarannya

2) Buka browser dan masuk ke alamat https://images.google.com/


3) Drag foto yang telah disiapkan kedalam kolom pencarian
4) Kemudian akan tampil situs pertama yang menampilkan gambar tersebut beserta situs-situs yang menyediakan informasi mengenai gambar tersebut

Sekian tips cara menanggulangi atau mencari tahu kebenaran gambar atau foto yang tersebar di media sosial kali ini. Tunggu beberapa tips dari kami mengenai hoax. Yuk kita menjadi masyarakat yang pintar menggunakan media sosial jangan sampai kita menjadi korban hoax. (IM)