Loading...

Cara Membatasi Aktifitas Anak - Anak Pada Android

Administrator 29 April 2018 2232 kali dilihat
Bagikan:
Cara Membatasi Aktifitas Anak - Anak Pada Android
Android sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat salah satunya di Indonesia. Android sudah diapakai oleh semua kalangan, kalangan orang tua, dewasa, anak-anak dan bahkan balita sudah memegang android. Banyak orang tua yang memberikan begitu saja android kepada anak-anak mereka, dengan tujuan agar anak-anak tersebut tidak rewel. Android dijadikan salah satu senjata ampuh bagi orang tua untuk mengendalikan anak mereka. Hal ini sekarang sudah menjadi sebuah budaya kehidupan baru dikalangan masyarakat. Dari bangun tidur sampai tidur lagi mereka tidak bisa lepas dengan android.

Dengan perkembangan jaman yang sangat pesat dan perkembangan fasilitas dan fitur pada android, masyarakat selalu dimanjakan dengan hal tersebut yang menyebabkan masyarakat tidak bisa lepas dari android dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu banyak anak-anak yang seharusnya belum boleh memakai android mulai menggunakan gadget tersebut untuk hal-hal negatif atau hal yang tidak seharusnya diketahui atau dilihat oleh anak-anak. Terkadang orang tua sangat sulit untuk memantau pengunaan android anak-anak mereka. Orang tua tidak dapat selalu memantau aktifitas mereka selama 24 jam.

Untuk solusi orang tua tidak harus memantau anak-anak mereka selama 24 jam penuh. Orang tua tinggal menerapkan Parent Parental pada android mereka, yaitu orang tua memberikan Batasan apa saja yang dapat dilakukan anak-anak pada gadget mereka. Aplikasi yang dapat melakukan hal ini salah satunya adalah aplikasi yang bernama “Kids Zone”. Aplikasi ini dapat didownload di Play Store dan gratis. Tujuan aplikasi ini adalah membatasi aktifitas anak-anak pada android, seperti aplikasi apa saja yang boleh dibuka oleh anak, mengatur wallpaper, dll.

Berikut cara instalasi dan penggunaan aplikasi “Kids Zone” :
1. Download aplikasi “Kids Zone” di play store.
2. Install Aplikasi yang sudah diunduh dan jika sudah selesai proses install langsung buka aplikasinya.
3. Tekan tombol Create untuk membuat profile baru. Disini anda bisa membuat berbagai profile yang dapat digunakan oleh anak.
4. Masukkan nama profil yang akan digunakan.
5. Jika sudah akan langsung ke tampilan yang masih kosong. Klik tombol APPS.
6. Pilih dan klik aplikasi mana saja yang boleh dibuka atau digunakan oleh sang anak. Bila sudah klik tombol save di pojok kanan atas.
7. Klik tombol WALLPAPER untuk mengganti wallpaper di profile tersebut.
8. Klik tombol pengaturan.
9. Akan muncul perintah untuk memasukkan nomor PIN silahkan masukkan pin yang anda inginkan dan hanya orang tua yang tahu. 
10. Bila sudah akan muncul tampilan pengaturan aplikasi tersebut.
11. Kemudian cari dan checklist  fitur “Lock on Reboot”, fitur ini berfungsi untuk membuka aplikasi secara otomatis saat android di restart atau dinyalakan.
12. Kemudian klik tombol back atau kembali kehalaman sebelumnya.
13. Kemudian klik tombol LOCK untuk mengunci aplikasi. Fungsi tombol ini untuk memulai aplikasi atau profile yang sudah anda buat tadi. Setelah anda mengklik tombol tersebut anda tidak bias mengeluarkan aplikasi tersebut walaupun dengan cara paksa seperti mengklik tombol home pada android.
14. Untuk mematikan aplikasi ini anda tinggal klik tombol gembok kebuka yang terletak pada bagian kanan atas dan diperintahkan untuk memasukkan nomor pin yang telah dibuat tadi.

Sekian salah satu tips yang kami berikan dengan menggunakan aplikasi “Kids Zone”. Semoga dengan aplikasi ini dapat mengurangi beban orang tua dalam upaya memantau aktifitas dalam penggunaan android mereka. (IM)

image source: https://root-nation.com/wp-content/uploads/2017/04/android-for-kids-title.jpg