Loading...

Tips Mudik Aman Bersama Balita

Administrator 29 Mei 2018 541 kali dilihat
Bagikan:
Tips Mudik Aman Bersama Balita
Bulan puasa tiba sebentar lagi. Hal yang paling dinanti oleh umat muslim setelah 30 hari berpuasa adalah hari kemenangan, yaitu hari Idulfitri yang dirayakan bersama seluruh anggota keluarga. Jika Anda memiliki keluarga yang jauh dan berbeda kota, bahkan pulau, tentunya perjalanan mudik bersama keluarga merupakan saat yang paling dinantikan dan memerlukan persiapan yang cukup. Agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga berjalan lancar dan aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,di antaranya adalah : 

Persiapkan dengan Matang 
Perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang sebentar, Anda perlu mempertimbangkan kendaraan yang akan dipilih saat mudik, lama perjalanan, serta faktor keamanannya. Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu mengecek kesiapan kendaraan tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan servis sebelum bepergian jauh. Isi bensin sebelumnya dan persiapkan peralatan bengkel sederhana di dalam mobil serta kotak P3K. 

Selain kondisi kendaraan yang prima, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi keluarga agar fit saat melakukan perjalanan. Minum vitamin dan istirahat yang cukup. Beritahukan sebelumnya kepada anak bahwa keluarga Anda akan melakukan perjalanan jauh untuk bertemu dengan sanak keluarga. Kondisi jiwa yang senang saat di perjalanan juga berpengaruh dalam membuat anak Anda menikmati perjalanan, sehingga terhindar dari mabuk di perjalanan. 

Kenali Kemungkinan yang Terjadi di Dalam Kendaraan
Kondisi yang nyaman dan tenang membuat anak balita Anda menimati perjalanan mudiknya. Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, gunakan car seat agar balita Anda dapat duduk lebih aman. Sediakan ruang yang cukup untuk ia bergerak bebas. Jangan terlalu banyak menyimpan barang bawaan Anda di depan jok. Buat mereka senyaman mungkin bergerak. Agar tidak panas, Anda bisa menambahkan tirai, atau jika cuaca terlalu dingin, Anda bisa membawa selimut tipis agar mereka tidak kedinginan.

Selain itu, untuk menghindari rasa jenuh saat di perjalanan, Anda bisa membawa mainan dan makanan kesukaannya. Bawalah bekal yang mudah digenggam, tidak sulit saat akan makan dijalan, dan sesuai kebutuhan. Tidak perlu membawa makanan terlalu banyak, karena akan mubadzir. Selain itu, bekal minum seperti air putih, jus buah, atau susu dapat pula dibawa sesuai keperluan anak Anda. 

Pisahkan Barang Bawaan saat Mudik
Untuk memudahkan Anda saat mencari barang dalam perjalanan, lebih baik jika Anda memisahkan semua barang kebutuhan anak Anda dalam satu tas. Tisu basah, jaket, minyak telon, ataupun peralatan lain yang dibutuhkan disimpan dalam satu tas yang mudah Anda jangkau saat dalam perjalanan. Pakaian dewasa, makanan, disimpan dalam tas terpisah. Selain Anda lebih cepat mencari, konsentrasi Anda akan lebih fokus pada Anak saat sedang dalam perjalanan. 

Beristirahat Beberapa Kali dalam Perjalanan
Mudik ke kampung halaman tentunya membutuhkan konsentrasi dan tenaga ekstra. Istirahatlah beberapa kali saat anak Anda terlihat lelah dan bosan dalam perjalanan. Anda bisa memilih tempat peristirahatan yang sejuk, tidak terlalu ramai, dan ada toiletnya. Ajak anak Anda keluar untuk beberapa saat menghirup udara segar dan bermain bersama. Selain itu, anak Anda bisa membersihkan diri di toilet, agar badannya bisa segar kembali. Ketika anak bermain, Anda bisa beristirahat sejenak melepas lelah, hingga bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Buat Kondisi yang Menyenangkan saat di Perjalanan
Agar si kecil menikmati perjalanan mudiknya, Anda bisa bercerita, bermain tebk-tebakan, dan bernyanyi bersama. Ajarkan padanya hal baru yang ia temui, misalnya jenis bunga, pohon, atau tempat yang ia lewati. Biasanya, mereka akan ingat dan mulai berceloteh jika kita mengajaknya bercerita dan bermain bersama.

Demikian tips mudik aman yang dapat Anda lakukan saat sedang mudik bersama balita. semoga perjalanan mudiknya lancar dan selamat sampai tujuan. (AH)

image source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/8/81/Arus-mudik-di-pelabuhan-gilimanuk-bali.jpg