Loading...

Menu Pilihan untuk Berbuka Puasa

Administrator 29 Mei 2018 2183 kali dilihat
Bagikan:
Menu Pilihan untuk Berbuka Puasa
Bulan puasa sebentar lagi tiba. Saatnya menyambut dengan suka cita. Tentunya kita harus mempersiapkan diri menghadapi bulan penuh berkah ini. Jiwa dan raga yang fit agar sehat saat menghadapi bulan Ramadhan.

Badan yang sehat dan bugar tentunya ditopang oleh asupan makanan yang tepat dan bergizi saat berbuka puasa. Anda harus pandai memilih menu pilihan untuk berbuka. Sebagai pertimbangan, ada beberapa menu pilihan yang dapat Anda coba yaitu : 

1) Kurma 
Buah yang kaya manfaat untuk tubuh ini menjadi pilihan tepat untuk berbuka. Selain untuk mencegah kanker, jenisnya yang banyak, mudah didapat, serta cukup mengenyangkan sebagai hidangan pembuka, patut dijadikan salah satu alternatif hidangan pembuka. 

2) Salad Buah 
Ketika berpuasa, badan menjadi lebih mudah letih dan haus. Buah-buahan segar akan membuat Anda menjadi bugar kembali. Buah kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menambah stamina. Selain itu, membuat salad buah tidak membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkannya. Hanya tinggal memotong beraneka buah, kemudian tambahkan mayonaise atau thousand island dan beberapa sendok susu kental manis, salad buah segar siap Anda hidangkan di meja makan. 

3) Es Rumput Laut 
Rumput laut yang kaya akan serat membuat pencernaan menjadi lancar. Teknologi canggih sekarang ini sudah dapat mengolah rumput laut menjadi makanan olahan siap saji. Anda hanya tinggal menambahkan biji selasih, es batu, susu kental manis, dan sirup leci kedalam campuran es rumput laut, maka Anda sudah bisa menyajikan hidangan es rumput laut segar di rumah. 

4) Es Kacang Merah
Olahan kacang merah kini sudah dapat dinikmati sebagai kudapan lezat pembuka saat berbuka puasa. Rasanya yang manis legit dan enak saat digigit, memanjakan lidah Anda saat berbuka. Kacang merah sebagai alternatif protein dari tumbuhan kini tidak lagi diolah hanya sebagai sayur asam saja. 

Cara mengolah kacang merah sebagai kudapan lezat hanya tinggal merebusnya hingga empuk dengan tambahan daun pandan, gula putih, dan garam. Setelah itu, kacang merah dimasukkan kedalam mangkuk saji, tambahkan santan kental dan es batu ke dalamnya. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan kismis dan beberapa potong kacang tanah. Hmmm … sedap.  

5) Puding Buah Segar/Puding Puyo 
Makanan kaya serat lainnya adalah puding. Anak-anak dan dewasa pasti menyukainya. Agar-agar dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kini pengolahan agar-agar sudah beragam tekniknya. Berdasarkan perbedaan takaran agar dan jelly, ada jenis puding susu dan puding Puyo. 

Banyak orang menyukai puding Puyo karena teksturnya yang lembut dan enak di tenggorokan. Berbeda dengan puding susu biasanya, puding puyo hanya menggunakan 1 sendok teh agar dan setengah sendok teh jelly, jika suka anda bisa menambahkan gom atau gelatin ke dalamnya agar teksturnya semakin lembut. Penambahan gula dan susu bisa menyesuaikan selera Anda. Agar lebih sedap dilidah, Anda dapat menambahkan essence kopi,buah, atau cokelat kesukaan Anda sehingga rasanya semakin enak. 

Puding  buah umumnya menggunakan satu sachet agar-agar dan susu UHT yang banyak. Setelah mendidih, Anda dapat menambahkan buah asli yang telah diblender sebelumnya, seperti buah pepaya, jeruk, mangga, strawberry, buah naga, dan lain-lain.  Puding buah ini cocok disajikan untuk anak Anda yang sedang belajar puasa. Agar lebih menarik, Anda bisa mencetaknya dengan beraneka bentuk kesukaan anak, seperti bentuk boneka, es krim, dan lain-lain. 

Demikian beberapa alternatif hidangan pembuka berbuka puasa yang dapat dijadikan pilihan saat sedang berkumpul dengan keluarga Anda di rumah. Selamat mencoba. (AH)

image source: https://www.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/07/Resep-Buka-Puasa-Ala-Cikitoz-890x395_c-750x395.jpg