Loading...

Liburan ke Museum, Asyik Lho

Administrator 29 Mei 2018 916 kali dilihat
Bagikan:
Liburan ke Museum, Asyik Lho
Menjelang liburan sekolah, orang tua mulai sibuk mencari tempat rekreasi untuk mengisi liburan bersama keluarga. Memilih tempat berlibur bagi anak-anak hendaknya bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga mengandung nilai edukatif bagi anak. Tempat rekreasi yang edukatif  tentu juga menyenangkan bagi anak dan menjadi pengalaman berharga. 

Pernahkan mengajak anak-anak berlibur ke museum? Orang tua kadang kala enggan mengajak anak mengisi liburan ke museum. Banyak orang tua merasa, museum bukan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Seolah-oleh, museum adalah pilihan terakhir jika sudah tak ada pilihan tempat rekreasi lainnya. 

Sebenarnya, museum adalah tempat wisata yang asyik, sangat edukatif, inspiratif, dan tentunya banyak manfaatnya  bagi anak-anak. Ingin tahu manfaat apa saja yang diperoleh saat berkunjung ke museum? 

Ini dia manfaat berkujung ke museum :

Liburan Edukatif
Berkunjung ke museum saat liburan tentu berbeda dengan berkunjung ke tempat wisata yang lain. Museum yang menyimpan banyak benda bersejarah dapat menjadi liburan yang edukatif karena sarat akan pelajaran sejarah. Anak-anak akan mendapatkan wawasan tambahan yang unik dan berkesan.

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme
Berkunjung ke museum akan menumbuhkan rasa nasionalisme karena melihat secara langsung peninggalan sejarah. Peninggalan zaman perjuangan kemerdekaan akan memberikan informasi secara nyata bahwa kemerdekaan membutuhkan pengorbanan yang luar biasa. 

Memancing Imajinasi Anak
Mengunjungi museum akan membawa dampak yang sangat baik bagi anak, terutama untuk daya imajinasi mereka. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang imajinatif dan membuat rasa ingin tahu semakin besar. Hal tersebut tentu sangat baik agar mereka semangat untuk belajar tentang sejarah.

Mendapatkan Informasi Nyata tentang Sejarah
Pelajaran sejarah di sekolah yang berdasarkan teks atau buku sangat tidak menarik. Tetapi, dengan berkunjung ke museum, anak-anak mendaptkan informasi nyata secara visul. Hal ini tentu menarik dan berkesan untuk melihat dan membandingkan antara pelajaran secara teks book dengan apa yang mereka lihat di museum.

Menemukan Minat Anak
Berkunjung ke berbagai museum tentu akan memberikan nuansa yang berbeda. Sehingga, anak akan melihat dari sekian banyak hal baru tersebut manakah yang paling diminati. Dengan demikian, anak akan lebih fokus terhadap hal-hal yang diminati. Orang tua dapat mendampingi anak untuk mengembangkan minat anak lebih terarah dan bermanfaat. 

Membuat Anak Inovatif  dan Inspiratif
Berkunjung ke museum akan memberi sensasi yang berbeda, sehingga dapat memunculkan ide-ide baru dan membuat anak berinovasi dari apa yang mereka lihat. Contohnya, seorang anak yang suka menulis, dengan berkunjung ke museum, anak akan terinspirasi untuk menulis tentang sejarah dengan bahasa anak-anak yang tentu menarik. 

Melestarikan Kebudayaan
Perubahan zaman membuat kebudayaan yang ada semakin tenggelam. Tugas kita adalah mengenalkan kebudayaan agar tidak hilang tergerus zaman. Salah satu cara mengenalkan kebudayaan adalah dengan berkunjung ke museum sehingga anak-anak kelak akan melestarikan kebudayaan yang ada dengan baik.

Jadi sekarang museum bisa menjadi alternatif liburan keluarga yang tak kalah serunya dengan destinasi tempat wisata lain. Liburan jadi lebih edukatif karena mengenalkan sejarah bangsa, kebudayaan daerah, dan melihat benda-benda cagar budaya yang tersimpan di museum.  Liburan yang bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi juga mengandung nilai pendidikan yang diperoleh anak-anak. Liburan aka menyimpan kesan tersendiri dan menjadi momen indah yang tak terlupakan. Selamat berlibur ke museum, ya. (AH)

image source: http://us.zooverresources.com/images/T11624512I1528059W900H675/Pergamon-museum.jpg