Loading...

Tips Memulai Bisnis Online

Administrator 27 Juni 2018 1603 kali dilihat
Bagikan:
Tips Memulai Bisnis Online
Ketika kebutuhan hidup semakin meningkat, manusia dipaksa untuk memutar otak mencari alternatif tambahan pemasukan. Di zaman yang serba online seperti saat ini, kesempatan untuk menambah penghasilan pun semakin terbuka. Salah satu cara mendapatkan tambahan penghasilan adalah dengan memulai bisnis online.

Menjalankan suatu bisnis online bukanlah perkara mudah, namun dapat menjadi bisnis yang mengiurkan. Dalam pengerjaannya sendiri dapat dilakukan di mana saja tanpa melihat waktu. Dengan begitu, kita dapat mengurus pekerjaan lainnya sembari melakukan bisnis online. Dengan modal yang sedikit pun bisnis online tetap masih bisa dijalankan. Keuntungan dari bisnis online salah satunya adalah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tempat atau toko, baik milik sendiri ataupun sewa. Bahkan, bisnis online bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil, dengan menjadi dropshipper misalnya. 

Apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis online? 

Tentukan Jenis Produk atau Jasa yang Akan Ditawarkan
Sebelum memulai sebuah bisnis online, maka yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang akan ditawarkan, bisa berupa jasa, produk, atau bahkan kedua-duanya. Salah satu bisnis yang tidak ada habisnya adalah bisnis di bidang kuliner, karena makanan selalu diminati dan bekembang mengikuti trend. Dengan kreativitas yang ada, kita bisa mengembangkan kreativitas dalam menciptakan produk makanan baru. 

Modal dan Mental yang Matang
Apa pun jenis bisnisnya, tentu memerlukan modal, meskipun kecil. Besar kecilnya modal tergantung pada besar atau kecilnya bisnis yang dipilih. Untuk bisnis online menjadi reseller atau dropshipper, tentunya tidak diperlukan modal yang besar, kita hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop atau smartphone. Bagi yang ingin menjalankan bisnis online menggunakan produk pribadi, tentunya dibutuhkan modal untuk produksi. Jika dirasa keberatan dengan modal yang dibutuhkan, kita bisa mengajak rekan untuk berbisnis bersama agar modal yang dibutuhkan dapat dibagi menjadi dua. Selain modal uang, kita juga harus menyiapkan mental diri. Jangan hanya memulai suatu bisnis karena mengikuti trend yang sedang ada saja. Pastikan bahwa kita memulai bisnis karena sudah menjadi keputusan diri sendiri.

Prinsip Kerja Keras
Dalam merintis suatu bisnis, tentu diperlukan sikap kerja keras. Tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu bekerja keras. Jangan mudah mengeluh dan berputus asa dalam memulai bisnis online, karena tidak ada bisnis yang mudah. 

Tidak Berhenti Belajar
Bagi yang belum memiliki pengetahuan luas tentang dunia bisnis online, sebaiknya belajar pada ahlinya, agar pengetahuan dan ide-ide Anda bertambah, sehingga ketika bisnis online  terjadi suatu masalah, kita sudah memiliki solusinya. Jangan malu bertanya pada orang-orang yang lebih dulu memulai bisnis. Memiliki mentor bisnis sangat penting untuk membimbing bisnis yang sedang dirintis. 

Bergabung dengan Komunitas Bisnis
Bagi yang belum memiliki pengetahuan cukup di bisnis online, dapat menambah pengetahuan dengan bergabung dalam komunitas positif. Misalnya, dengan bergabung pada grup diskusi atau komunitas pebisnis online muda. Tujuannya agar kita dapat belajar dari pengalaman mereka. Ketika mendapatkan suatu masalah, kita  dapat berbagi dan mencari solusi bersama.

Belajar dari Kesalahan
Bagi seorang pemula, memulai bisnis tidaklah mudah, sehingga sering terjadi kesalahan. Kesalahan tersebut harusnya menjadikan kita semakin semangat belajar dan terus melakukan pembenahan. Teruslah belajar dari kesalahan diri sendiri ataupun kesalahan orang lain.

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan berarti itu tidak mungkin dilakukan. Semoga artikel di atas dapat membantu. (AH)

image source: http://www.zoomyourtraffic.com/blog/wp-content/uploads/2017/05/internet-business.jpg