Loading...

Menu Buka Puasa yang Sehat untuk Anak

Administrator 27 Juni 2018 743 kali dilihat
Bagikan:
Menu Buka Puasa yang Sehat untuk Anak
Bulan puasa telah tiba. Seluruh umat Islam sedunia melaksanakan ibadah puasa wajib satu bulan lamanya. Seluruh anggota keluarga menjalankannya dengan penuh suka cita, termasuk si kecil yang masih ikut-ikutan. 

Bila si kecil sudah ingin ikut berpuasa, sebagai seorang ibu, anda tentu akan bahagia melihat sang buah hati tercinta turut serta beribadah. Tugas ibu adalah memperhatikan dan menyiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi tinggi untuk mendukung semangat si kecil berpuasa. 

Agar asupan gizi di kecil dapat tetap terpenuhi dengan baik, berikut hal-hal yang wajib menjadi perhatian Anda dalam menyiapkan menu berbuka puasa untuk sang buah hati tercinta. Kita simak, yuk! 

Mengandung Zat Karbohidrat Tinggi
Ada banyak varian makanan yang mengandung karbohidrat, seperti beras merah, beras hitam, dan gandum. Nasi yang ditanak dari beras merah mengandung nutrisi yang jauh lebih banyak dibanding makanan lain. Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, gula, lemak, protein, vitamin B kompleks, asam flat, kalsium, besi, mangan, fosfat, natrium, kalium, magnesium, dan seng. 

Menunjang Suplai Energi 
Nutrisi untuk si kecil wajib terpenuhi secara seimbang agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik, tanpa harus terganggu kegiatan berpuasa. Makanan sumber karbohidrat harus didampingi oleh lauk-pauk untuk penunjang gizi bagi nutrisi si kecil. Lauk-pauk yang bisa disediakan antara lain: tahu, tempe, ikan, telur, daging, dan lain sebagainya. Lauk-pauk tersebut mengandung protein hewani dan nabati.

Sayur Mayur sebagai Penguat Stamina
Setelah kebutuhan karbohidrat dan protein terpenuhi, jangan lupakan sayur-mayur yang juga memegang peranan penting bagi tumbuh kembang si kecil. Ketika ia berpuasa, pastikan komponen empat sehat lima sempurna yang satu ini juga wajib ada, ya. 
Sayuran bermanfaat bagi pencernaan di kecil. Jika ia berpuasa seharian, sudah tentu asupan nutrisinya berupa sayuran harus tetap terpenuhi dengan baik, tidak boleh berkurang sedikit pun. Sayur-mayur juga dapat meningkatkan sistem imun si kecil secara alami, bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan tidak menimbulkan efek samping. Berbeda halnya jika multi vitamin pabrikan. 

Buah-Buahan Segar
Selain sayuran, buah-buahan juga bermanfaat bagi pencernaan si kecil. Selain itu, buah-buahan mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan bagi pertumbuhan dan peningkatan daya tahan tubuhnya. Apabila anak tidak menyukai buah-buahan, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat penganan yang mengandung buah di dalamnya. 
Manfaat lain buah-buahan bagi tubuh adalah mengurangi obesitas, memenuhi asupan gizi dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kinerja otak, mengurangi rasa lapar, juga dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. 

Susu si Penyempurna Menu 
Setelah empat unsur kesehatan tubuh si kecil terpenuhi, kini giliran unsur penyempurnanya yang harus tersedia juga pada menu berbuka puasa anak-anak Anda, yaitu susu. Ada beberapa jenis susu yang baik untuk kesehatan, seperti susu sapi, susu kedelai, susu kambing, bahkan susu kuda. Kesemuanya itu memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai sumber kalsium yang diperlukan oleh tubuh. 

Vitamin sebagai Suplemen Daya Tahan Tubuh 
Vitamin baik yang alami berasal dari buah-buahan maupun suplemen buatan pabrik disarankan bagi si kecil yang aktif. Dengan demikian, tubuhnya tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sebagai pengganti energi yang terbakar pada saat ia beraktivitas bebas. 
Nah, kini Anda telah mengenal unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam menu berbuka puasa yang sehat bagi si kecil. Jadi, jangan salah pilih dalam menyediakan menu sahur dan berbuka yang tepat, ya! (AH)