Loading...

Makanan Pengontrol Diabetes

Administrator 27 Juni 2018 2881 kali dilihat
Bagikan:
Makanan Pengontrol Diabetes
Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula yang jauh di atas normal. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu menggunakan gula darah (glukosa) dengan benar. Penyebab diabetes bermacam-macam, seperti faktor genetik, usia, obesitas, dan pola makan yang tidak sehat. Jika sudah terkena diabetes, komplikasinya tak bisa dihindari. Mulai dari gangguan ginjal hingga amputasi terus mengintai.

Apa yang harus dilakukan oleh penderita diabetes? Salah satunya adalah dengan pengaturan pola makan yang sehat. Penderita diabetes harus mengatur jumlah dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan berikut ini dapat membantu kita mengontrol diabetes. Makanan tersebut adalah sebagai berikut: 

Kurma
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurma kaya akan antioksidan. Kurma juga kaya akan serat, sehingga cocok untuk dijadikan kudapan bagi penderita diabetes

Apel
Pernah mendengar pepatah, memakan 1 buah apel sehari akan menjauhkan tubuh dari penyakit. Kandungan pektin yang tinggi pada apel membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Bahkan, ada sebuah studi yang berhubungan dengan apel. Dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi satu apel per hari dapat terhindar dari penyakit diabetes.

Brokoli
Selain kaya serat, ternyata brokoli juga merupakan sumber terbaik chromium. Chromium adalah mineral yang membantu mengatur insulin dan gula darah. Brokoli dapat dikonsumsi mentah atau direbus sebentar.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung allicin. Senyawa ini jika dikombinasikan dengan flavonoid akan bekerja sama menekan kadar glukosa dalam darah. Allicin bila digabungkan dengan vitamin B1 akan merangsang pankreas melepas insulin.

Lemon
Lemon merupakan sumber serat dan vitamin C, sehingga masuk dalam golongan makanan pengontrol gula darah. Perasan setengah lemon bisa mengurangi kadar gula darah 8-12 persen. Caranya, peras setengah lemon, lalu minum satu sendok setiap pagi.

Yogurt
Selain bisa mengontrol berat badan, yogurt ternyata mampu mencegah kenaikan kadar gula dalam tubuh. Hal ini karena kandungan karbohidrat dan protein yang sangat baik di dalamnya.

Bawang Merah
Bawang merah memiliki senyawa yang mampu memblokir pemecahan insulin dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Bawang merah dapat dikonsumsi mentah atau direbus.

Okra
Sayuran berbatang hijau panjang mirip terung ini sejak dulu diketahui memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Okra memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti kalium, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kalsium. Kadar serat pada okra berfungsi membantu menyeimbangkan gula darah. Caranya dengan mengatur kadar gula yang diserap dari saluran pencernaan. 

Teh Hijau
Teh hijau tidak melalui proses fermentasi, sehingga kandungan polifenolnya pun termasuk tinggi. Kandungan tersebut adalah antioksidan dan hipoglikemik kuat yang bisa mengendalikan proses pelepasan gula darah. Dengan demikian, tubuh pun akan dibantu lebih baik dalam menggunakan insulin. 

Daun Kemangi
Daun ini biasa digunakan sebagai lalapan dalam masakan tradisional. Ternyata, daun kemangi mengandung antioksidan dan minyak esensial yang mampu memproduksi senyawa metil eugenol, eugenol, dan caryophyllene. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu fungsi dari sel-sel beta pankreas sebagai produsen insulin.

Minum Air Putih
Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. 
Itulah beberapa cara mengontrol diabetes secara alami yang bisa diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat, ya!  (AH)

image source: