Loading...

Empat Tips Mudah Menjalankan Bisnis Online untuk Pemula

Administrator 26 Agustus 2018 168 kali dilihat
Bagikan:
Empat Tips Mudah Menjalankan Bisnis Online untuk Pemula
Di era globalisasi yang serba modern, bisnis online menjadi salah satu incaran para pelaku bisnis maupun  yang ingin mempunyai usaha sampingan. Karena bisnis ini mengandalkan internet, kita tidak perlu repot menyediakan tempat untuk berjualan atau bertatap muka dengan calon pembeli. Sebagian transaksi dilakukan secara online sehingga menghemat waktu dan biaya.

Bisnis online tidak hanya menawarkan barang, tetapi juga jasa. Informasi tentang barang dan jasa yang dijual akan ditampilkan dengan akun media sosaial maupun website. Prospeknya sangat luar biasa karena jaringan internet dapat menjangkau ke segala penjuru dan semua orang. 

Lantas apa saja langkah-langkah memulai bisnis secara online? Mari kita simak. 

1. Menentukan Barang atau Jasa yang Akan Dijual
Langkah pertama tentu saja menentukan barang atau jasa yang akan kita jual. Jika masih bingung menentukannya, cobalah melihat ke sekitar, barang atau jasa apa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang. Jadilah problem solver. Saat menemukan masalah di sekitar, pikirkan produk atau jasa yang dapat menjadi solusi. Pikirkan dengan matang tentang passion kita yang berpotensi untuk dijual.

2. Menentukan Tempat Berjualan
Setelah menentukan barang atau jasa yang akan kita jual, langkah selanjutnya adalah memilih medianya. Ada media marketplace, chat sosial, maupun akun media sosial. Pastikan media yang kita pakai tepat sasaran atau sesuai pada terget pembeli. Misalnya, jika target pembeli adalah anak muda, sebaiknya gunakan akun media sosial seperti Instagram dan Twitter. Namun, jika menargetkan keluarga dan kelompok yang lebih luas, pilih media sosial seperti Facebook, Whatsapp, atau marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Dapat juga dengan membuat website sendiri seiring bertambahnya modal.

3. Promosi atau Sistem Pemasaran
Barang atau jasa sudah ditentukan, tempat pemasaran juga sudah oke, saatnya berjualan online. Kita dapat memulai berjualan dengan menampilkan gambar barang atau jasa secara menarik dan artikel penjualan yang mendukung. Gunakan kata-kata dengan bahasa yang sederhana, tetapi menarik dan lengkap. Walaupun sederhana, gambar barang atau jasa harus ditampilkan lengkap dengan keterangannya, alamat usaha, dan nomor telepon yang dapat dihubungi, serta cara pemesanannya.

4. Mencari Komunitas yang Mendukung dan Optimalkan Sosialisai
Menjadikan barang atau jasa yang kita jual dikenal dan diketahui oleh banyak pihak merupakan kunci keberhasilan bisnis online. Lakukkan promosi secara optimal dan carilah komunitas positif yang senantiasa mendukung bisnis online kita. Kita juga dapat belajar via mentor berpengalaman sambil bersosialisasi, sekaligus menimba ilmu.

Itulah keempat tips menjalankan bisnis online bagi pemula. Bisnis online sangat menjanjikan dan tidak sulit untuk menjalankannya. Semoga bermanfaat! (AH)

image source: https://pxhere.com/en/photo/1446677