Loading...

Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Administrator 13 Agustus 2018 64050 kali dilihat
Bagikan:
Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Di musim panas seperti ini, selain hawanya tidak menyenangkan, badan juga pasti rentan terhadap segala macam penyakit. Rasanya mudah haus, terlebih bagi mereka yang tidak bisa lepas dari air conditioner. Kulit dan bibir pun jadi mudah kering. 

Tahukah Anda, apa yang mudah kita lakukan dalam kondisi seperti ini? Ternyata, menyimpan lemon di rumah adalah hal yang paling bijak untuk kita lakukan saat musim panas seperti ini. Selain bagus bagi kesehatan tubuh, banyak juga manfaat lain yang bisa kita ambil dari buah berkulit kuning cerah yang selalu tersedia di rumah. 
Berikut ini beberapa manfaat dari buah lemon: 

1. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Kering
Bagi Anda yang kurang suka minum atau mudah sariawan karena panas dalam, lemon sangat baik bagi kesehatan bibir. Caranya bisa dengan mencampurkan beberapa sendok lemon dengan madu, kemudaian dioleskan ke bibir selama sepuluh menit. Lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur atau sambil melakukan pekerjaan di depan komputer. Setelah itu, bilas dengan tisu basah atau air hangat. Lakukan secara rutin seminggu dua atau tiga kali. Imbangi dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. 

2. Mengobati Panas Dalam 
Tanda bagi Anda yang kurang minum atau serat biasanya tenggorokan juga mudah rentan dengan radang yang membuat suara serak, bahkan hilang. Menelan makanan atau minuman tenggorokan rasanya seperti tersekat dan sakit.

Nah, lemon sangat mujarab sekali bila diminum hangat setengah panas. Peras satu buah jeruk lemon ukuran sedang, kemudian tuangkan air panas. Tambahkan air biasa secukupnya sampai terasa hangat di perut bila diminum. Kemudian, tambahkan madu 1-2 sendok, aduk hingga merata. Minum selagi hangat saat perut kosong di pagi hari dan menjelang tidur. Yakinlah, saat bangun tidur keesokan harinya atau setelah seharian beraktivitas, tubuh akan terasa lebih segar dari biasanya. 

3. Menyegarkan Rambut Lembap Akibat Keringat
Anda yang rambutnya mudah lembap karena gampang berkeringat tentu sering merasa tidak nyaman. Selain menimbulkan gatal, rambut juga jadi tidak enak dilihat. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan air perasa lemon yang diampur dengan baking soda. Setelah itu, ratakan ke seluruh kepala sebelum Anda pergi ke kamar mandi. Biarkan meresap beberapa saat, setelah itu siram dengan air pelan-pelan dan gunakan sampo seperti biasa. Lakukan minimal satu minggu sekali, niscaya rambut Anda terhindar dari lembap atau mudah gatal akibat keringat. 

4. Menghindari Komedo atau Wajah Berminyak
Bagi Anda yang wajahnya mudah berkomedo atau berminyak, lemon juga bisa digunakan sebagai scrub atau masker. Bila digunakan sebagai masker, campurkan lemon dan madu dengan perbandingan lemon dan madu adalah 1:2. Oleskan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Kulit akan terasa begitu kenyal. 

5. Memutihkan Gigi
Paduan baking soda dan lemon yang seimbang sangat bagus untuk memutihkan gigi dan menjaga enamel gigi secara nyata. Caranya, buatlah pasta dengan perbandingan lemon dan baking soda 1:1 menjadi komposisi yang ciamik untuk memutihkan gigi anda. Gosokkan pada gigi selama kurang lebih 1 menit. Bila dilakukan secara rutin satu atau dua kali seminggu, cara ini mampu memutihkan gigi secara perlahan dan alami. 

Demikianlah beberapa manfaat lemon yang bisa Anda dapatkan di musim panas ini, baik bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh. Semoga kesehatan tubuh kita selalu terjaga, ya. (AH)

image source: https://www.fitnessmagazine.com/sites/fitnessmagazine.com/files/styles/slide/public/slide/101265278.jpg?itok=3uQpWaoO