Loading...

Tips Mengatasi Masalah Psikis pada Remaja Zaman Now

Administrator 15 Agustus 2018 47000 kali dilihat
Bagikan:
Tips Mengatasi Masalah Psikis pada Remaja Zaman Now
Remaja zaman now memiliki kemampuan yang begitu unik dan beragam. Mereka adalah pribadi multi talenta, apalagi dengan dukungan teknologi masa kini yang berbasis internet. Kemudahan mengakses media sosial dan teknologi sangat mendukung eksistensi jiwa muda remaja dengan segala rasa ingin tahunya. 

Sikap kreatif dan produktif menyikapi perkembangan zaman now merupakan kelebihan yang harus terus dipertahankan. Orang tua harus mendukungnya dengan memadukan kemajuan teknologi dengan nilai-nilai positif, yaitu kesantunan dan kemauan untuk belajar. 

Di sisi lain, ada kelemahan yang sangat mudah bisa dilihat, yaitu terjadinya krisis mental dan karakter terpuji dari anak muda zaman now. Mental mereka mudah sekali down atau putus asa, atau istilahnya “baperan”. Berani mencoba tapi juga mudah putus asa, mudah sakit hanya karena masalah sepele, kurang tekun berusaha, dan mudah merasa lelah. Bahkan, anak muda saat ini cenderung sangat mudah terkena penyakit psikis. 

Penyakit psikis adalah penyakit akibat masalah kejiwaan atau kepribadian yang rapuh dari remaja saat ini dan menimbulkan penyakit yang terlihat pada fisik, seperti mag, buang-buang air, jantung, dan sebagainya. 

Lalu, bagaimana cara menghadapi remaja seperti ini? Berikut tips untuk mengatasinya: 

1. Kerja Sama Orang Tua
Banyak orang tua yang belum menyadari bahwa pola asuh yang selama ini diterapkan di rumah dan di sekolah ternyata belum sesuai. Orang tua sering merasa kasihan karena anak masih terlalu muda sehingga banyak mengalah kepada anak. Padahal, orang tua sendiri yang nanti repot di kemudian hari. Sikap mandiri dan mampu mengatasi masalah sekecil apa pun seharusnya sudah ditanamkan sejak anak kecil. 

Hal ini bisa dilakukan tanpa harus takut mengurangi rasa kasih sayang. Menyayangi anak bukan berarti membiarkannya tumbuh dalam mental yang lemah atau terlalu melindunginya. Justru hal ini akan membahayakan anak saat sudah remaja atau dewasa. 

Terbiasa dibantu, dimudahkan, dituruti segala kemalasan dan kemauannya tidak baik untuk mentalnya saat anak dewasa. Contohnya adalah saat di sekolah, banyak guru mengeluhkan anak mudah sekali izin tidak masuk karena sakit sepele. Padahal, penyebab sebenarnya adalah rasa malas ke sekolah, takut menghadapi ujian, serta menghindari mata pelajaran tertentu. 
Dalam hal ini, butuh peran orang tua yang bijak dan selalu memotivasi, di mana pun merkea belajar, pasti akan menemui masalah seperti itu. Masalah bukan untuk dihindari, melainkan dihadapi. 

2. Melatih Keterbukaan dalam Berkomunikasi
Melatih anak untuk selalu terbuka dan mau membicarakan semua yang terjadi dalam hidupnya memang bukanlah hal yang mudah. Tapi, bukannya tidak mungkin. Pengalaman mengajarkan, anak yang terbiasa bicara terbuka jarang terkena sakit psikis. Mereka hanya butuh didengarkan dan dimotivasi oleh orang terdekatnya yang dianggap paling memahaminya. 

Banyak remaja mengeluh, orang tua kurang mau mendengarkan mereka sehingga mereka tidak tahu harus berbicara kepada siapa. Alasan sibuk dan asyik dengan permasalahan keluarga sering jadi pemicu orang tua melupakan anaknya. Orang tua lupa, bahwa anak atau remaja juga punya hak untuk diperhatikan dan dilibatkan sehingga mereka bisa memahami apa yang terjadi dalam keluarga. 

3. Memberi Kepercayaan
Remaja zaman now yang diberi kepercayaan besar dan dilatih sejak dini biasanya tumbuh menjadi pribadi yang kuat. Tentu banyak trial and eror-nya, namun orang tua harus terus membiasakan melatih anak mengenal yang baik dan buruk. 

Mendidik remaja untuk tumbuh dengan karakter yang kuat memang melelahkan di awal, namun percayalah, Anda sendiri yang akan menikmati hasilnya. Kerja keras mengenalkan peraturan, keterbukaan, dan permasalahan akan menguatkan saat anak dewasa. Orang tua pun tidak akan lagi capek di hari tuanya. 

Demikian tips untuk menghadapi masalah psikis pada remaja zaman now. Semoga bermanfaat. (AH)

image source: https://www.momjunction.com/wp-content/uploads/2015/11/Common-Problems-Of-Adolescence.jpg